FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LIKUIDITAS PADA PERUSAHAAN ROKOK YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK JAKARTA

Rissalatul Muawanah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat faktor-faktor yang berpengaruh terhadap likuditas perusahaan dengan menggunakan analisis regresi linier berganda pada 4 perusahaan rokok yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta, yaitu PT. Gudang Garam, PT. HM Sampoerna, PT. Bentoel dan PT. BAT Indonesia. Dalam penelitian ini penulis mengadakan analisis terhadap laporan keuangan yang diperoleh dari pojok Bursa Efek Jakarta Universitas Muhammadiyah Malang.
Data-data yang digunakan diperoleh dengan mengambil dan mengumpulkan dokumen dari keempat perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta. Dokumen yang dikumpulkan berupa data laporan keuangan, yaitu Neraca, Laba-rugi dan laporan arus kas tahun 1998 ? 2005. Laporan keuangan tersebut dianalisis dengan menggunakan analisis Regresi Berganda.
Hasil perhitungan dengan menggunakan Analisis Regresi Berganda diperoleh telah diketahui faktor-faktor Pendapatan Bunga (X2), Pendapatan Deviden (X3), Pemberian Gaji (X5), Pengeluaran Pajak (X6) dan Pengeluaran Bunga (X7) secara bersama sama merupakan faktor yang mempengaruhi likuiditas pada perusahaan rokok yang listing di BEJ. Hal ini terbukti dengan uji F diperoleh nilai Fhitung sebesar 9.993, sedangkan Ftabel pada taraf nyata 5 % menunjukkan nilai sebesar 3.97
Berdasarkan uji secara parsial (uji t) hanya faktor Pendapatan Bunga (X2) Pendapatan Deviden (X3) dan Pengeluaran Pajak (X6) yang berpengaruh secara signifikan terhadap likuiditas perusahaan perusahaan. Sedangkan Pemberian Gaji (X5) dan Pengeluaran Bunga (X6) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap likuiditas perusahaan.
Berdasarkan kesimpulan di atas, maka saran yang dapat diberikan kepada perusahaan tersebut adalah : Bagi emiten atau perusahaan sebaiknya memperhatikan faktor Pendapatan Bunga, Pendapatan Deviden dan Pengeluaran Pajak sebab faktor- faktor tersebut sangat berpengaruh terhadap tingkat likuiditas perusahaan, dimana likuiditas ini merupakan indikator mengenai kemampuan perusahaan untuk membayar semua kewajiban finansial jangka pendeknya. Kondisi ini akan sangat dipertimbangkan oleh kreditur atau calon investor, sedangkan bagi investor atau calon investor jika akan melakukan investasi di bursa efek Jakarta sebaiknya mempertimbangkan faktor-faktor yang mempengaruhi tinggi rendahnya likuiditas perusahaan, karena faktor ? faktor ini dapat digunakan untuk menjelaskan kekuatan dan kelemahan keuangan perusahaan melalui rasio likuiditasnya. Dari hasil penelitian empiris, dengan mempertimbangkan faktor?faktor mana yang berpengaruh terhadap likuiditas maupun tidak, dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan investor untuk membeli atau menjual saham.

 

Keyword : analysis of doublingly regresion linear

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/212/jiptummpp-gdl-s1-2007-rissalatul-10576-1.+PENDA-N.PDF


Keywords


analysis of doublingly regresion linear