PERSEPSI PENGUSAHA KERAMIK ATAS ELEMEN BIAYA PRODUKSI DALAM MENENTUKAN HARGA POKOK PRODUKSI (Studi Empiris Pada Perusahaan Keramik Dinoyo Malang)

FINA FIDIYANTI

Abstract



Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat surve dan deskriptif dengan mengambil sampel dari suatu populasi dengan menggunakan kuisioner sebagai alat pengumpulan data. Dengan judul ? Persepsi Pengusaha Atas Elemen Biaya Produksi Dalam Menentukan Harga Pokok Produksi (Studi Empiris pada Perusahaan Keramik Dinoyo Malang) ?.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui elemen biaya produksi apa yang dianggap penting dalam menentukan harga pokok produksi menurut persepsi pengusaha keramik Dinoyo Malang. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptive Statistics yaitu ilmu yang berisi metode-metode pengumpulan, penyajian, dan pengaturan data guna membuat gambaran yang jelas tentang variasi sifat data, yang akhirnya akan mempermudah proses analisis dan interpretasi data. Sedangkan untuk menguji kevaliditasan pertanyaan yang diajukan maka dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas untuk mengetahui sejauh mana suatu alat ukur dapat dipercaya atau dapat diandalkan.
Dari hasil analisis diperoleh 5 biaya produksi yang diperhitungkan dalam menentukan harga pokok produksi menurut persepsi pengusaha yaitu Biaya Reparasi dan Pemeliharaan dengan persentase yaitu sebesar 64,51%, Biaya Bahan Bakar, Listrik, air dan Telepon dengan persentase sebesar 59,91%, Biaya Bahan Baku dengan Persentase sebesar 56,56%, Biaya Tenaga Kerja Langsung denagan prosentase sebesar 54,8%, dan yang terakhir yaitu Biaya Bahan penolong dengan persentase yaitu sebasar 49,5%.
Berdasarakan hasil penelitian diatas penulis dapat mengimplikasikan bahwa sebaiknya pengusaha keramik Dinoyo mengklasifikasikan harga pokok produksi berdasarkan komponen yang ada pada biaya produksi. Hal ini untuk menghindari pengalokasian biaya yang kurang tepat.

 

Keyword : Persepsi Pengusaha, Elemen Biaya produksi, Harga Pokok Produksi

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/212/jiptummpp-gdl-s1-2007-finafidiya-10581-1.+Penda-n.PDF


Keywords


Persepsi Pengusaha; Elemen Biaya produksi; Harga Pokok Produksi