ANALISIS EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI PEMUNGUTAN PAJAK DAN RETRIBUSI DAERAH DI KABUPATEN TUBAN

ROZY HADI SAPUTRA

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus pada Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah Tuban.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektivitas pemungutan pajak dan retribusi daerah yang dilakukan oleh Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Tuban dan untuk mendeskripsikan efisiensi pemungutan pajak dan retribusi daerah yang dilakukan oleh Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Tuban.
Alat analisis yang digunakan untuk mendeskripsikan efektivitas pemungutan pajak dan retribusi daerah yang dilakukan oleh Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Tuban dan untuk mendeskripsikan efisiensi pemungutan pajak dan retribusi daerah yang dilakukan oleh Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Tuban menggunakan analisis rasio efektivitas dan analisis rasio efisiensi..Rasio Efektivitas menggambarkan kemampuan pemerintah daerah dalam merealisasikan pendapatan asli daerah yang direncanakan dibandingkan dengan target yang ditetapkan berdasarkan potensi riil daerah. Kemampuan daerah dalam menjalankan tugas dikategorikan efektif apabila rasio yang dicapai mencapai minimal sebesar 1/100%. Namun demikian semakin tinggi nilai rasio efektivitas, menggambarkan kemampuan daerah yang semakin baik. Selanjutnya rasio efisiensi menggambarkan perbandingan antara besarnya biaya dikeluarkan untuk memperoleh pendapatan dengan realisasi pendapatan yang diterima. Kinerja pemerintah daerah dalam melakukan pemungutan pendapatan dikategorikan efisiensi apabila rasio yang dicapai kurang dari 1 atau di bawah 100%. Semakin kecil rasio Efisiensi berarti kinerja pemerintah daerah semakin baik.
Hasil perhitungan analisis rasio efektivitas pajak daerah periode anggaran 2004-2006 diperoleh nilai sebesar 130,59%, 114,70%, dan 123,57%. Sedangkan retribusi rasio efektivitas retribusi daerah periode anggaran 2004-2006 diperoleh nilai 119,60%, 105,44%, dan 129,05%. Selanjutnya hasil perhitungan rasio efisiensi pajak daerah dan retribusi daerah periode anggaran tahun 2004-2006 diperoleh nilai 13,38%, 12,56% dan 11,76%. Dari hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa pajak daerah dan retribusi daerah di Kabupaten Tuban sudah cukup efektif dan efisien.
Berdasarkan simpulan di atas, penulis mengimplikasikan sebaiknya Dinas Pengelola Keuangan Derah Kabupaten Tuban hendaknya mempertahankan tingkat efektivitas dan efisiensi dalam mengelola penerimaan pajak dan retribusi daerah dan menekan biaya pemungutan dalanm mendapatkan pendapatan pajak dan retribusi daerah selain itu juga SDM pengelolaan anggaran pada Pemerintah Daerah Kabupaten Tuban perlu ditingkatkan baik teknis maupun non teknis, sehingga tidak terjadi penyimpangan yang terlalu besar antara target pendapatan daerah dengan realisasi pendapatan daerah yang diperoleh.

 

Keyword : Efektivitas, Efisiensi, Pajak dan retribusi.

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/212/jiptummpp-gdl-s1-2007-rozyhadisa-10588-1.+PENDA-N.pdf


Keywords


Efektivitas; Efisiensi; Pajak dan retribusi