Pengaruh Return On Equity (ROE) dan Price Earning Ratio (PER) terhadap Return Saham Pada Perusahaan yang Listing Di BEJ (Studi Pada Perusahaan yang masuk dalam kategori JII)

Rusmah Dewe

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian korelasional pada BEJ dengan judul ?Pengaruh Return On Equity (ROE) dan Price Earning Ratio (PER) terhadap Return Saham Pada Perusahaan yang Listing Di BEJ (Studi Pada Perusahaan yang masuk dalam kategori Jakarta Islamic Index)? periode ke II bulan juli - Desember 2005.
Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan bukti secara empiris bahwa return on equity dan price earning ratio berpengaruh terhadap return saham.
Dalam penelitian ini, peneliti mengungkapkan hipotesis yaitu diduga secara simultan dan parsial return on equity dan price earning ratio berpengaruh signifikan terhadap return saham pada perusahaan yang masuk kategori JII.
Alat analisis yang digunakan untuk mengetahui pengaruh return on equity dan price earning ratio terhadap return saham adalah analisis korelasi, analisis regresi berganda, uji F dan uji t. Hasil perhitungan untuk ROE dan PER secara simultan menunjukkan tidak ada pengaruh yang signifikan terhadap return saham, hal ini dibuktikan Fhitung<3.37). Secara parsial tidak ada pengaruh yang signifikan terhadap return saham, hal ini dibuktikan dengan t hitung<1.697) untuk ROE, thitung<1.697) untuk PER. Dari koefisien determinasi diperoleh R Square sebesar 34.4%, berarti mempunyai pengaruh yang kuat terhadap return saham dan sisanya sebesar 65.6% dijelaskan oleh variabel-variabel lain yang tidak ada dalam penelitian ini.
Berdasarkan uraian diatas, penulis dapat menyarankan agar perusahaan mampu menunjukkan kinerja keuangan yang baik dan harus mampu meningkatkan nilai perusahaan kepada stakeholders dan untuk investor diharapkan menjadikan faktor kinerja keuangan perusahaan sebagai salah satu pertimbangan dalam melakukan investasi.

 

Keyword : Return On Equity (ROE), Price Earning Ratio (PER), Return Saham

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/213/jiptummpp-gdl-s1-2007-rusmahdewe-10638-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


Return On Equity (ROE); Price Earning Ratio (PER); Return Saham