EVALUASI SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN PADA BAGIAN PRODUKSI UNTUK MENILAI EFISIENSI BIAYA PRODUKSI PADA CV. TOP TEN TOBACCO TAJIMAS KEDIRI

WALIDAH KHORIYANTI

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus pada CV. Top Ten Tobacco Tajimas Kediri dengan judul ? Evaluasi Sisitem Pengendalian Manajemen Pada Bagian Produksi Untuk Menilai Efisiensi Biaya Produksi Pada CV. Top Ten Tobacco Tajimas-Kediri.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan manajemen di bagian produksi pada CV. Top Ten Tobacco Tajimas serta untuk menilai atau mengevaluasi apakah sisitem pengendalian manajemen yang diterapkan sudah efisien.
Alat analisis yang digunakan untuk menilai penerapan proses dalam system pengendalian manajemen bagian produksi CV. Top Ten Tobacco Tajimas adalah pemrograman, penyusunan anggaran, operasi dan pengukuran serta pelaporan dan analisa, selain itu melakukan evaluasi atas sistem pengendalian manajemen dengan metode analisis selisih (variance) atas biaya produksi. Sedangkan untuk menilai struktur dalam pengendalian manajemen adalah dengan menggunakan hasil analisis anggaran dan realisasi yang meliputi selisih laba dan selisih rugi.
Hasil analisis pada proses pengendalian manajemen meninjukkan pemrograman sudah berjala dengan baik karena sudah dapat memisahkan program jangka pendek dan jangka panjang. Penyusunan anggaran dapat berjalan dengan baik karena realisasi anggaran produksi sudah dapat melebihi yang telah ditargetkan, disamping itu CV. Top Ten Tobacco Tajimas juga memiliki kelemahan pada penyusunan aggarannya.
Hasil analisis pada struktur pengendalian manajemen menunjukkan bahwa selisih menguntungkan biaya bahan baku sebesar Rp 1.414.865.400 disebabkan karena perkiraan harga yang dibuat oleh perusahaan terlalu tinggi, selisih ridak menguntungkan biaya upah tenaga kerja langsung sebesar Rp 492.123.595 dari yang dianggarkan disebabkan karena adanya kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah mengenai upah minimum terhadap tenaga kerja, dan selisih menguntungkan biaya overhead pabrik sebesar Rp 1.089.381.639 disebabkan karena perusahaan dalam pemakaian kualitas tenaga kerja sudah baik dan sudah mampu menggunakan kapasitas yang tersedia dengan baik.

 

Keyword : Efisiensi biaya

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/213/jiptummpp-gdl-s1-2007-walidahkho-10639-01.+PEND-N.pdf


Keywords


Efisiensi biaya