PENGARUH TINGKAT SUKU BUNGA (SBI) TERHADAP LABA BERSIH PADA PERUSAHAAN REAL ESTATE YANG LISTED DI BURSA EFEK JAKARTA

Herman Nupvolia

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan Judul ?Pengaruh Tingkat Suku Bunga (SBI) Terhadap Laba Bersih Pada Perusahaan Real Estate yang Listed Di Bursa Efek Jakarta?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, menganalisis dan memberikan bukti mengenai pengaruh suku bunga SBI terhadap laba bersih pada perusahaan real estate yang listed di BEJ.
Dalam penelitian ini, perumusan masalah yang dirumuskan oleh penulis adalah ?Apakah tingkat suku bunga SBI berpengaruh terhadap laba bersih pada perusahaan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta??
Alat analisis yang digunakan untuk mengukur pengaruh tingkat suku bunga SBI terhadap laba bersih perusahaan real estate adalah dengan analisa regresi sederhana. Untuk membuktikan penelitian ini berpengaruh apa tidak, maka dilakukan pengujian hipotesis menggunakan Uji t.
Dari hasil analisis sesuai dengan alat analisis yang digunakan untuk mengukur pengaruh tingkat suku bunga (SBI) terhadap laba bersih pada perusahaan real estate adalah tingkat suku bunga SBI berpengaruh negatif dan signifikan terhadap laba bersih pada perusahaan real estate yang terdaftar di BEJ. Penurunan tingkat suku bunga SBI akan diikuti oleh kenaikan laba bersih pada perusahaan real estate yang terdaftar di BEJ.
Berdasarkan kesimpulan diatas, maka penulis menyarankan kepada para investor, dalam hal pengambilan keputusan untuk sumber dana hendakya perlu pertimbangan dalam menanamkan investasi di perusahaan real estate yang listing di BEJ dengan memperhatikan faktor suku bunga SBI.

 

Keyword : suku bunga, laba bersih

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/213/jiptummpp-gdl-s1-2007-hermannupv-10647-1.+PENDA-N.pdf


Keywords


suku bunga; laba bersih