EVALUASI SISTEM DAN PROSEDUR PENAGIHAN PAJAK UNTUK MENGURANGI PENUNGGAKAN PAJAK DI SEKSI PENAGIHAN PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK MADIUN

CINDI IRAWATI

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus yang deskriptif pada Kantor Pelayanan Pajak Madiun dengan judul ?Evaluasi Sistem dan Prosedur Penagihan Pajak Untuk Mengurangi Penunggakan Pajak di Kantor Pelayanan Pajak Madiun?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah sistem dan prosedur penagihan pajak yang dilaksanakan oleh KPP Madiun sudah sesuai dengan Undang-undang ataupun Peraturan-peraturan perpajakan dan apakah sistem yang ditetapkan pada KPP Madiun dapat mengurangi pengurangan pajak.
Hasil dari analisis data tersebut adalah bahwa sistem yang ditetapkan oleh KPP Madiun berpedoman pada Undang-undang Pajak No. 15 Tahun 2000 tentang Penagihan Pajak dengan Surat Paksa. Prosedur yang dilaksanakan oleh KPP Madiun berpedoman pada Surat Edaran Pajak No. SE-13/Pj.75/1998 tentang jadwal Pelaksanaan Penagihan tetapi bedanya di KPP Madiun ditambahkan pendekatan secara persuasif dengan wajib pajak. Jumlah jurusita mempengaruhi penerimaan pajak diseksi penagihan KPP Madiun/ semakin bertambahnya tunggakan pajak disebabkan karena wajib pajak tidak sadar dan mengerti akan fungsi pajak.
Dari analisis diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa wajib pajak merupakan salah satu faktor yang menyebabkan masih banyaknya tunggakan pajak dan hal ini disebabkan kurangnya kesadaran dari wajib pajak sendiri akan pentingnya pajak bagi pembangunan serta kurangnya pegawai penyuluhan pajak di KPP Madiun untuk memberikan informasi pajak kepada wajib pajak.

 

Keyword : PELAYANAN PAJAK

 

Link Terkait  : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/213/jiptummpp-gdl-s1-2007-cindiirawa-10648-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


PELAYANAN PAJAK