ANALISIS BIAYA RELEVAN UNTUK PENGAMBILAN KEPUTUSAN MENERIMA ATAU MENOLAK PESANAN KHUSUS PADA PERUSAHAAN TENUN "PELANGI" LAWANG

Wimbo Widi Kuncoro

Abstract


Penelitian ini merupakan study kasus pada perusahaan tenun Pelangi Lawang dengan judul ? Analisis Biaya Relevan untuk Pengambilan Keputusan Menerima atau Menolak Pesanan Khusus pada Perusahaan Tenun Pelangi Lawang ?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan pengambilan keputusan yang bertujuan untuk menerima atau menolak pesanan khusus dengan menggunakan analisis biaya relevan, laba yang diperoleh perusahaan dapat optimal.
Objek dan lokasi yang dipilih adalah perusahaan tenun Pelangi Lawang. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah mengidentifikasi dan memisahkan biaya menjadi biaya variabel dan biaya tetap, perhitungan contribution margin, membandingkan laporan Laba/Rugi sebelum dan sesudah pesanan khusus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa karena mengingat kapasitas produksi masih cukup banyak yang menganggur dan meskipun harga penawaran di bawah harga jual normal yaitu sebesar Rp 58.000,- untuk sarung tetoron rayoon dan Rp 67.500,- untuk sarung cotton perusahaan masih memperoleh laba sebesar Rp 17.477.904,- sedangkan jika perusahaan menolak pesanan khusus tersebut maka perusahaan tidak akan mendapatkan tambahan laba.
Berdasarkan kesimpulan diatas maka penulis sampaikan saran sebaiknya perusahaan menerima pesanan khusus tersebut untuk mengoptimalkan laba yang diperoleh perusahaan.

 

Keyword : Biaya Relevan, Pesanan khusus

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/208/jiptummpp-gdl-s1-2007-wimbowidik-10351-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


Biaya Relevan; Pesanan khusus