ANALISIS SECARA TIME SERIES UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN PT. GUDANG GARAM Tbk

Fachrizal Fachrizal

Abstract


Suatu kebijakan dan pengambilan keputusan yang tepat akan menghasilkan pencapaian tujuan sesuai dengan yang telah direncanakan oleh perusahaan. Keberhasilan dalam pencapaian tujuan tergantung pada manfaat pada manfaat asetaset perusahaan secara efektif dan efisien. Jika pemanfaatannya secara optimal, maka pencapaian tujuan perusahaan akan berhasil. Penelitian yang mengambil pada obyek perusahaan PT. Gudang Garam Tbk dengan periode selama 10 tahun, yaitu mulai tahun 1996-2005.
Tujuan penilitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan kinerja keuangan perusahaan setiap periode bila ditinjau dari analisis time series dan untuk dapat memprediksikan kondisi keuangan bila ditinjau dari analisis terhadap rasio keuangannya.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif analsis, dimana upaya menganalisis dan menginterprestasikan kondisi-kondisi yang terjadi pada suatu obyek penelitian sehingga di dalam melakukan penelitian ini tidak diambil suatu hipotesis, melainkan mendiskripsikan informasi dan analisis sesuai dengan kondisi obyek yang diteliti. Teknik analisis yang digunakan adalah menghitung rasio keuangan yang terdiri
dari current ratio, quick ratio, total debt to equity ratio, total debt to total asset, total asset turnover, recieveble turnover, inventory turnover, average collection period, net profit margin ratio, return on total asset ratio, return on total equity, dan melakukan analisis time series. Di dalam melakukan analisis time series adalah menghitung ratarata rasio keuangan selama 10 tahun, menghitung standar deviasinya, menginterprestasikannya ke dalam grafik linear, dan melakukan interprestasi atas kinerja rasio keuangan tersebut.
Hasil penelitian yang dilakukan terungkap bahwa kinerja keuangan perusahaan mengalami penurunan, sedangkan kondisis keuangan perusahaan dapat dikatakan stabil, tingkat resiko yang dihadapi oleh perusahaan selama kurun waktu 10 tahun silam normal. Sedangkan untuk kinerja keuangan perusahaan di masa depan tidak lebih baik dari 10 tahun silam (1996-2005) atau dengan kata lain kinerja keuangan mayoritas adalah non prospek.

 

Keyword : Financial Ratio, Time Series

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/208/jiptummpp-gdl-s1-2007-fachrizal0-10352-01.+PEND-N.PDF


Keywords


Financial Ratio; Time Series