PENERAPAN METODE CAPM SEBAGAI DASAR PENGAMBILAN KEPUTUSAN INVESTASI SAHAM PADA PERUSAHAAN YANG LISTING DI BURSA EFEK JAKARTA

EKA AURINA NOVAYANTI

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus pada saham yang tercatat di Bursa Efek Jakarta periode Juni 2006 dengan judul ?Penerapan metode CAPM sebagai dasar Pengambilan Keputusan Investasi Saham pada Perusahaan yang Listing di Bursa Efek Jakarta.
Tujuan penelitian ini adalah untuk membantu para investor dalam rangka pengambilan keputusan investasi. Dengan menerapkan CAPM investor dapat mengetahui saham-saham manakah yang masuk dalam portofolio optimal dari saham-saham yang diteliti periode Juni 2006.
Dalam penelitian ini sampel yang digunakan adalah saham-saham yang listing di Bursa Efek Jakarta yang berjumlah 36 saham diambil 10% dari keseluruhan jumlah saham yang ada di BEJ periode Juni 2006. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah CAPM guna menentukan saham-saham mana saja yang termasuk dalam portofolio optimal. Dengan langkah-langkah sebagai berikut menghitung (RI) yaitu tingkat pengembalian individu, tingkat pengembalian pasar (Rm), menentukan beta masing-masing saham (), menentukan ERB yaitu selisih antara tingkat keuntungan yang diharapkan dengan return bebas resiko dibagi dengan beta, menentukan cut off point (C*), setelah itu mengkombinasikan saham-saham yang masuk dalam portofolio optimal dengan proporsi tertentu untuk mendapatkan tingkat pengembalian optimal.
Hasil perhitungan dengan CAPM maka dapat diketahui ada 4 saham yang termasuk dalam portofolio optimal yaitu Hotel Sahid Jaya, Tbk, Davomas Abadi, Tbk, Telkom, Tbk dan Astra Internatinal, Tbk.
Berdasarkan hasil analisis diatas, maka investor dapat mengambil keputusan investasi saham dengan mengetahui saham-saham yang masuk dalam portofolio optimal karena dapat memberikan tingkat pengembalian yang maksimal.

 

Keyword : CAPM

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/208/jiptummpp-gdl-s1-2007-ekaaurinan-10354-Pendahul-n.PDF


Keywords


CAPM