EVALUASI SISTEM DAN PROSEDUR ATAS SISTEM PEMBELIAN MATERIAL PADA PT. BETON PERKASA WIJAKSANA DI PASURUAN

IMAM ISKANDAR

Abstract


Dilatarbelakangi dengan adanya kenyataan bahwa pembelian merupakan faktor penting bagi perusahaan di dalam menjalankan aktifitas operasionalnya. Tidak sedikit kegiatan perusahaan yang bermula dari kegiatan pembelian. Arti pembelian di sini adalah suatu kegiatan dari perusahaan yang meliputi pengadaan barang-barang yang dibutuhkan oleh perusahaan secara tepat baik segi waktu maupun kualitasnya. Dari sudut inilah fungsi pembelian harus dipahami dan dilihat, karena dari sekian banyak fungsi yang diselenggarakan oleh satuan kerja operasional, fungsi pembelian merupakan fungsi yang penting dan sangat berpengaruh. Pengertian pembelian di sini juga terkait dengan sistem pembeliannya apakah sudah terselenggara dengan efektif jika ditinjau dari segi pengendalian intern.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pelaksanaan sistem dan prosedur atas sistem pembelian material pada PT. Beton Perkasa Wijaksana sudah berjalan dengan baik?
Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Dengan melibatkan bagian pembelian, maka pengumpulan data dilaksanakan dengan cara menyebarkan kuesioner. Adapun yang menjadi fokus dari penelitiannya diantaranya adalah sistem dan prosedur pembelian yang diterapkan dalam perusahaan.
Alat ukur yang digunakan untuk mengetahui apakah pelaksanaan sistem dan prosedur atas pembelian material sudah baik adalah hasil dari perhitungan prosentase dari jawaban ?ya? dan ?tidak? lalu dibandingkan dengan tolak ukur dalam tabel yang telah disusun kemudian diambil kesimpulan dapat atau tidaknya sistem pengendalian intern yang diterapkan terhadap pembelian material.
Hasil perhitungan dengan alat analisis P = F∕ N x 100% untuk menentukan layak tidaknya suatu sistem. Dari hasil jawaban dapat disimpulkan bahwa seluruh jawaban ?Ya? tersebut berjumlah 57,75% dan jawaban ?Tidak? berjumlah 42,25% sehingga berdasarkan kriteria dalam tabel 2 dapat di interprestasikan bahwa Sistem dan Prosedur atas Pembelian Material pada PT. Beton Perkasa Wijaksana dengan kategori cukup memuaskan, sehingga sesuai tabel 3 dapat disimpulkan bahwa sistem pengendalian intern atas sistem pembelian material sudah cukup efektif dan dapat dilaksanakan.
Berdasarkan kesimpulan di atas, maka penulis dapat mengimplikasikan sebaiknya perusahaan melakukan evaluasi terhadap sistem dan prosedur pembelian materialnya.
Dan sebagai langkah pemecahannya adalah memisahkan kedua fungsi tersebut agar pengawasan intern terhadap pembelian-pembelian material yang dilakukan dapat berjalan dengan efektif, sehingga dapat mengontrol setiap bentuk kecurangan-kecurangan yang terjadi dalam perusahaan yang bersangkutan.

 

Keyword : PROSEDUR ATAS SISTEM PEMBELIAN

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/208/jiptummpp-gdl-s1-2007-imamiskand-10355-A.+PENDA-N.pdf


Keywords


PROSEDUR ATAS SISTEM PEMBELIAN