ANALISIS PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU PADA KOPERASI ?SAE? PUJON MALANG

NINING LISTIAWATY

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus pada Koperasi ?SAE? Pujon Malang dengan judul ? Analisis Perencanaan dan Pengendalian Persediaan Bahan Baku pada Koperasi ?SAE? Pujon Malang?.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan dan pengendalian persediaan bahan baku yang diterapkan oleh perusahaan dan untuk membantu perusahaan dalam hal perencanaan dan pengendalian persediaan bahan baku yang tepat untuk mengoptimalkan persediaan.
Alat analisis yang digunakan adalah 1) Safety Stock 2) Re-Order Point 3) EOQ (Economic Order Quantity) 4) Maximum Inventory.
Dari hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa sebelum melakukan perencanaan dan pengendalian persediaan bahan baku, pemesanan dan persediaan bahan baku perusahaan pengolaannya kurang optimal, hal ini dapat dilihat dari besarnya biaya yang diakibatkan oleh pemesanan dan persediaan bahan bak. Dengan dilakukannya perencanaan dan pengendalian persediaan bahan baku, perusahaan bisa mengelola bahan baku dan mengetahui kekrapan pesanan yang optimal.
Berdasarkan kesimpulan diatas, saran yang dapat diberikan penulis adalah sebaiknya perusahaan melakukan perencanaan dan penegendalian persediaan bahan baku secara optimal dalam artian: 1) Bahan yang digunakan dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan, 2) Perusahaan berproduksi dengan efisien, 3) Mengatur jumlah persediaan dengan tingkat tertentu untuk mengendalikan dana yang tertanam dalam persediaan.
Dalam perencanaan dan pengendalian persediaan bahan baku, agar penggunaan dan pemakaian bahan baku semakin optimal, sebaiknya perusahaan melakukan frekwensi pemesanan sebanyak 6 kali dengan kuntitas 135.290 untuk semua produk.

 


Keyword : Perencanaan dan Pengendalian Persediaan Bahan Baku

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/208/jiptummpp-gdl-s1-2007-nininglist-10361-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


Perencanaan dan Pengendalian Persediaan Bahan Baku