ANALISIS VARIAN UNTUK PENGENDALIAN BIAYA PRODUKSI PADA PT. PERKEBUNAN NUSANTARA XII (PERSERO) UNIT USAHA STRATEGYK (UUS) KERTOWONO LUMAJANG

Yenni Diyah Wirasari

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus pada perusahaan PT. Perkebunan Nusantara XII (PERSERO) Unit Usaha Strategyk (UUS) Kertowono Lumajang dengan judul ?Analisis Varian Untuk Pengendalian Biaya Produksi Pada PT. Perkebunan Nusantara XII (PERSERO) Unit Usaha Strategyk (UUS) Kertowono Lumajang?
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah biaya produksi PTPN XII UUS Kertowono telah efisien.
Teknik analisa data yang digunakan adalah sesuai dengan jenis data yang dikumpulkan. Untuk data kualitatif, teknik analisa data yang digunakan adalah analisa data kualitatif. Begitu juga dengan data data kuantitatif digunakan perhitungan yang besifat kuantitatif, yaitu mengambil kesimpulan dengan cara membandingkan data yang satu dengan yang lain.
Hasil dari penelitian ini, dapat dikatakan dalam penentuan anggaran perlu dilihat berdasarkan pada pengalaman tahun-tahun sebelumnya dan juga perlu adanya pertimbangan terhadap faktor yang mempengaruhi di tahun berikutnya. Dari hasil penelitian ini dapat dilihat adanya penyimpangan tidak menguntungkan pada tahun 2003 penyimpangan bahan baku sebesar Rp. 1.144.949.400,-, tahun 2004 sebesar Rp. 618. 543.096,- dan tahun 2005 sebesar Rp. 1.041.361.160,-. Penyimpangan tidak menguntungkan pada biaya tenaga kerja terjadi pada tahun 2005 sebesar Rp. 164.127.600,-. Untuk biaya overhead pabrik dari tahun 2003 sampai dengan tahun 2005 telah terjadi penyimpangan yang menguntungkan.
Dalam penerapannya perlu adanya efisiensi yang ketat dengan ditingkatkannya pengawasan sehingga dapat menekan biaya dan memperoleh laba tinggi.

 

Keyword : Analisis Varian, Pengendalian Biaya Produksi

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/208/jiptummpp-gdl-s1-2007-yennidiyah-10363-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


Analisis Varian; Pengendalian Biaya Produksi