EVALUASI SISTEM PENGENDALIAN INTERN TERHADAP PENERIMAAN DAN PENGELUARAN KAS TERKOMPUTERISASI PADA PERUM PEGADAIAN CABANG GERUNG-LOMBOK BARAT

Aditya Erry Putranto

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus pada Perum Pegadaian Cabang Gerung-Lombok Barat dengan Judul ? Evaluasi Sistem Pengendalian Intern Terhadap Penerimaan dan Pengeluaran Kas Terkomputerisasi pada Perum Pegadaian Cabang Gerung-Lombok Barat ?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan sistem pengendalian intern penerimaan dan pengeluaran kas terkomputerisasi pada Perum Pegadaian Cabang Gerung-Lombok Barat.
Dalam penelitian ini, perumusan masalah yang dirumuskan oleh penulis adalah ? Bagaimana penerapan sistem pengendalian intern terhadap penerimaan dan pengeluaran kas terkomputerisasi pada Perum Pegadaian Cabang Gerung ?.
Jenis Penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara, dokumentasi dan observasi. Adapun teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa kualitatif dengan alat analisa berupa kuesioner.
Dari hasil analisa data, dapat disimpulkan bahwa sistem pengendalian intern pada Perum Pegadaian Cabang Gerung belum memenuhi unsur-unsur sistem pengendalian intern EDP yang memadai. Untuk itu penulis merekomendasikan agar dilakukannya pemenuhan unsur-unsur sistem pengendalian intern EDP baik dari segi pengendalian umum maupun pengendalian aplikasi, terutama pada pengendalian pengaksesan file perusahaan dan otorisasi data input.

 

Keyword : Sistem pengendalian intern, penerimaan dan pengeluaran kas terkomputerisasi

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/208/jiptummpp-gdl-s1-2007-adityaerry-10367-1.PENDHU-N.pdf


Keywords


Sistem pengendalian intern; penerimaan dan pengeluaran kas terkomputerisasi