ANALISIS KONTRIBUSI RETRIBUSI DAERAH TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH DI KABUPATEN BOJONEGORO

FENI FEBRIANA

Abstract


Penelitian ini mengkaji tentang Analisis Retribusi Daerah terhadap Pendapatan Asli Daerah di Kabupaten Bojonegoro. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kontribusi retribusi daerah terhadap Pendapatan Asli Daerah di kabupaten Bojonegoro, dan mengetahui pencapaian target masing-masing jenis retribusi daerah.
Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah rasio kontribusi. Analisis rasio kontribusi digunakan untuk mengetahui besarnya kontribusi retribusi daerah terhadap PAD, yang mana dapat dihitung dengan membandingkan realisasi penerimaan retribusi daerah dengan total penerimaan PAD dikalikan 100%.
Berdasarkan hasil analisis dapat diambil beberapa kesimpulan antara lain:
Retribusi daerah di kabupaten Bojonegoro yang dilaksanakan menurut Peraturan Daerah retribusi daerah Kabupaten Bojonegoro mengalami peningkatan realisasi setiap tahunnya, sedangkan tingkat efektifitasnya mengalami fluktuasi dari tahun 2001-2005. Hal ini didorong oleh adanya kerja sama yang baik antar dinas-dinas terkait yang menangani retribusi daerah, selain itu pemerintah berusaha menggali potensi daerah yang dapat dijadikan objek retribusi (ekstensifikasi) dan pelaksanaan Perda yang efektif. Tetapi ada juga hambatan-hambatan dalam peningkatan realisasi tersebut seperti belum adanya penerapan sanksi yang tegas bagi pembayar retribusi yang tidak membayar kewajibannya, serta pengawasan yang kurang optimal. Retribusi daerah belum memberikan kontribusi yang meningkat setiap tahunnya pada PAD. Hal ini terjadi karena adanya perubahan objek retribusi, sosialisasi yang kurang mengenai Perda dan adanya jenis retribusi daerah yang baru diterapkan. Retribusi Jasa Umum memberikan kontribusi terbesar pada PAD dari tahun 2001-2005 dibandingkan jenis retribusi lainnya yakni rata-rata 33,39% pertahunnya, dibanding retribusi jasa usaha yang memberikan kontribusi rata-rata 4,41% pertahunnya, dan retribusi perizinan tertentu yang hanya memberikan kontribusi terhadap PAD rata-rata 3,06% pertahunnya.
Dalam penelitian ini, peneliti menyarankan sebaiknya Pemerintah daerah Kabupaten Bojonegoro lebih meningkatkan sosialisasi Perda, sehingga wajib retribusi akan lebih paham dengan pelaksanaan peraturan yang ada, meningkatkan pembinaan kepada petugas pemungut retribusi, meningkatkan sarana dan prasarana objek retribusi daerah dan meningkatkan kualitas pelayanan publik agar dapat meningkatkan kontribusi retribusi daerah terhadap PAD di Kabupaten Bojonegoro.

 

Keyword : Retribusi Daerah, Pendapatan Asli Daerah

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/208/jiptummpp-gdl-s1-2007-fenifebria-10371-A.+PENDA-N.pdf


Keywords


Retribusi Daerah; Pendapatan Asli Daerah