ANALISIS EFEKTIFITAS PEMUNGUTAN PAJAK HOTEL DAN RESTORAN DALAM UPAYA PENINGKATAN PENDAPATAN ASLI DAERAH KOTA BATU

FILANIKA SUTANINGTIYAS

Abstract


Judul penelitian ?Analisis Efektifitas Pemungutan Pajak Hotel dan Restoran dalam Upaya Peningkatan Pendapatan Asli Daerah Kota Batu?. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui sejauh mana efektifitas atas pemungutan Pajak Hotel dan Restoran di Kota Batu (2) Untuk mengetahui pertumbuhan Pajak Hotel dan Restoran serta Pendapatan Asli Daerah di Kota Batu dari tahun 2003 sampai tahun 2006 (3) Untuk mengetahui seberapa besar kontribusi penerimaan Pajak Hotel dan Restoran terhadap Pendapatan Asli Daerah. Adapun data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari Dinas Pendapatan Kota Batu.
Teknik analisa yang digunakan adalah dengan menganalisis pelaksanaan pemungutan pajak hotel dan restoran dengan menggunakan sistem pengendalian intern, analisis rasio pertumbuhan terhadap pajak hotel, pajak restoran serta pendapatan asli daerah, analisis efektifitas penerimaan pajak hotel dan restoran terhadap pendapatan asli daerah, analisis kontribusi penerimaan pajak hotel dan restoran terhadap pendapatan asli daerah.
Berdasarkan hasil penelitian dan hasil analisa data dapat diketahui bahwa evaluasi Sistem Pengendalian Intern terhadap struktur organisasi, sistem wewenang dan prosedur pencatatan, elemen praktik yang sehat serta kecakapan pegawai dalam pemugutan pajak hotel dan restoran di Dinas Pendapatan Daerah Kota Batu, sudah baik. Penerimaan pajak hotel dan restoran sudah efektif karena realisasi penerimaan pajak hotel dan restoran melebihi target yang ditetapkan (lebih dari 100%). Penerimaan pajak hotel pada tahun 2003-2006 mengalami pertumbuhan dengan rata-rata tingkat pertumbuhan sebesar 4,61% pertahun. Penerimaan pajak restoran pada tahun 2003-2006 mengalami pertumbuhan dengan rata-rata tingkat pertumbuhan sebesar 23,21% pertahun. Penerimaan Pendapatan Asli Daerah pada tahun 2004-2006 mengalami pertumbuhan dengan rata-rata tingkat pertumbuhan sebesar 15,58% pertahun. Rata-rata kontribusi Pajak Hotel terhadap PAD selama 4 (empat) tahun dari tahun 2003-2006 sebesar 19,49% pertahunnya. Rata-rata kontribusi penerimaan Pajak Restoran terhadap PAD selama 4 (empat) tahun dari tahun 2003-2006 sebesar 2,90% pertahunnya.
Dari perhitungan di atas dapat disimpulkan bahwa Pendapatan Asli Daerah Kota Batu ditopang oleh salah satu komponen Pajak Daerah yaitu Pajak hotel dan restoran karena memberikan kontribusi yang cukup besar, untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah perlu dilakukannya peningkatan pajak hotel dan restoran melalui cara intensifikasi dan ekstensifikasi.

 

Keyword : Pajak Hotel dan Restoran, Pendapatan Asli Daerah

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/208/jiptummpp-gdl-s1-2007-filanikasu-10372-1.+PENDA-N.PDF


Keywords


Pajak Hotel dan Restoran; Pendapatan Asli Daerah