ANALISIS KINERJA KEUANGAN PADA PT. GUDANG GARAM Tbk

Nuriyah Afifatin

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif pada perusahaan rokok dengan judul : Analisis kinerja Keuangan pada PT. Gudang Garam Tbk. Tujuan penelitian ini adalah untuk menerangkan kinerja keuangan perusahaan berbasis analisis rasio keuangan.
Alat analisis yang digunakan untuk mengetahui kinerja keuangan pada perusahaan rokok ini yaitu dengan analisis rasio yang terdiri dari rasio profitabilitas, aktivitas, leverage dan likuiditas.
Hasil perhitungan dengan analisis rasio ini dilihat dari rasio profitabilitas perusahaan rokok ini cenderung berfluktuasi, hal ini menunjukkan bahwa perusahaan belum mampu mengendalikan penjualan dan keseluruhan beban-beban yang ditanggungnya sehingga mempengaruhi laba bersih. Dilihat dari rasio aktivitas perusahaan ini mengalami penurunan, ini berarti bahwa perusahaan dalam mengelola persediaan dan aktivanya kurang baik. Dilihat dari rasio leverage menunjukkan kenaikan prosentase, hal ini menunjukkan semakin besarnya pembiayaan perusahaan dari hutang. Penggunaan leverage yang tinggi akan meningkatkan rentabilitas modal saham dengan cepat dan risiko perusahaan dengan finansial yang tinggi akan semakin tinggi pula. Sedang dilihat dari rasio likuiditas perusahaan mengalami penurunan, ini menunjukkan bahwa tingkat likuiditas atau kemampuan perusahaan dalam menjamin hutang lancarnya dengan aktiva lancarnya kurang baik.
Dari hasil analisis rasio-rasio tersebut maka kita bisa mengetahui bahwasanya kinerja keuangan perusahaan rokok PT. Gudang Garam, Tbk Kediri kurang baik. Disini penulis harapkan untuk pihak manajemen mengevaluasi aktivitas laporan keuangan perusahaan setiap akhir periode secara berkala sehingga pihak manajemen dapat mengetahui bagian-bagian usaha perusahaan yang mengalami kemajuan dan kemunduran dan dicari jalan pemecahannya.

 

Keyword : kinerja keuangan, analsis rasio

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/209/jiptummpp-gdl-s1-2007-nuriyahafi-10402-1.+penda-n.pdf


Keywords


kinerja keuangan; analsis rasio