ANALISIS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP PROSEDUR PENGGAJIAN DAN PENGUPAHAN PADA PERUSAHAAN ROKOK HF. PRIMA DI MALANG

Baruna Wahyu Mukti

Abstract


Penelitian ini bersifat deskriptif (descriptive research), sedangkan pengumpulan data dengan melakukan pengamatan dan identifikasi terhadap dokumen-dokumen yang berkaitan dengan penggajian dan pengupahan pada perusahaan Rokok HF. Prima Malang.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengidentifikasi efektifitas dan efisiensi sistem informasi akuntansi terhadap prosedur pengajian dan pengupahan pada PR. HF. Prima di Malang, mengingat pentingnya informasi atas penerapan prosedur penggajian dan pengupahan terhadap kelancaran pengadaan dana gaji dan upah serta prosedur pembayaran guna sarana evaluasi bagi pihak manajemen PR. HF. Prima Malang.
Penelitian ini menggunakan teknik analisa data yaitu dengan cara menganalisis struktur organisasi, menganalisis sistem informasi akuntansi terhadap prosedur penggajian dan pengupahan yang tersaji dalam bagan alir (flowchart), mengevaluasi atas efisiensi penyelenggaraan sistem penggajian dan pengupahan, evaluasi terhadap pengendalian intern atas prosedur penggajian dan pengupahan.
Dari hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa sistem penggajian dan pengupahan pada PR. HF. Prima di Malang sudah dilaksanakan secara efektif dan efisien dengan ditunjukkan kinerja pegawai tetap dalam mendukung kinerja pegawai borongan yang mampu mencapai tingkat efisiensi sebesar 240% untuk karyawan giling dan 229% untuk karyawan verpack. Penggajian dan pengupahan sudah menggunakan prosedur yang baik dilihat dari kelengkapan dokumen pendukung prosedur gaji dan upah.

 

Keyword : Pengajian, pengupahan, efisiensi dan efektifitas.

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/211/jiptummpp-gdl-s1-2007-barunawahy-10534-Pendahul-n.pdf


Keywords


Pengajian; pengupahan; efisiensi dan efektifitas