ANALISIS KINERJA PERUSAHAAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE BALANCED SCORECARD (Studi Kasus Pada Hotel Nugraha Malang)

Eldy Sicho Kadafi Kastella

Abstract


Jenis penelitian yang penulis lakukan adalah penelitian yang bersifat studi kasus, yaitu jenis penelitian yang berisikan paparan atau data yang relevan dari hasil penelitian pada obyek penelitian pada Hotel Nugraha dengan alamat Jl. Panji Suroso No. 16 Malang dengan judul ? Analisis Kinerja Perusahaan Dengan Menggunakan Metode Balanced Scorecard (Studi Kasus Pada Hotel Nugraha Malang).
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja perusahaan jika diukur dengan menggunakan Balanced Scorecard (Studi Kasus pada Hotel Nugraha Malang). Adapun kegunaan penelitian yang ingin dicapai khususnya bagi pihak hotel yaitu sebagai bahan pertimbangan dalam penetapan strategi, karena Balanced Scorecard tidak hanya mengukur kinerja keuangan saja namun juga kinerja non keuangan. Adapun teknik analisis yang digunakan dalam mengukur kinerja perusahaan dengan alat ukur Balanced Scorecard yang meliputi perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif bisnis internal, perspektif pembelajaran dan pertumbuhan.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan dengan menggunakan analisis balanced scorecard maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: hasil analisis perspektif keuangan dapat diperoleh hasil bahwa indikator yang digunakan menunjukkan bahwa kinerja pada Hotel Nugraha Malang dapat dinilai baik. Dalam perspektif pelanggan yang meliputi % of occupancy, quest per-room, average daily rate, average rate per quest, pihak hotel memiliki kinerja yang baik, hal tersebut dikarenakan selama tahun 2003 sampai 2005 menunjukkan bahwa tingkat prosentase masing-masing kinerja pada perspektif pelanggan di atas tingkat prosentase standar yang telah ditetapkan pihak hotel. Berdasarkan perspektif bisnis internal menunjukkan bahwa kinerja perusahaan sudah cukup baik. Dalam perspektif pembelajaran dan pertumbuhan, khususnya pada indikator training menunjukkan selama tahun 2003 sampai 2005 perusahaan semakin menghargai atas kualitas sumber daya manusia yang ada yaitu dengan adanya peningkatan jumlah karyawan yang mengikuti pelatihan. Mengenai indikator tingkat absensi dapat disimpulkan bahwa jumlah absensi karyawan selama tahun 2003 sampai 2005 terus mengalami peningkatan.
Beberapa saran yang dapat diajukan bagi pihak hotel yaitu dalam melakukan atau melaksanakan perbaikan kondisi fisik sarana dan prasarana yang ada, diharapkan perusahaan tetap menggunakan kebijakan atau standar yang telah ditetapkan selama ini. Diharapkan untuk lebih meningkatkan atas standar kinerja yang ditetapkan, langkah tersebut dapat digunakan untuk lebih memotivasi para karyawan dalam meningkatkan atas kinerja yang telah dicapai selama ini. Meningkatkan rasa kedisiplinan para karyawan sehingga mampu menekan jumlah atau tingkat absensi, langkah nyata yang dapat dilakukan yaitu dengan pemberian sanksi kepada para karyawan yang melanggar peraturan yang telah ditetapkan salah satunya yaitu penerapan pemutusan hubungan kerja.

 

Keyword : Kinerja, Balanced Scorecard

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/211/jiptummpp-gdl-s1-2007-eldysichok-10535-01.+PEND-N.PDF


Keywords


Kinerja; Balanced Scorecard