Analisis Tingkat Likuiditas dan Solvabilitas Serta Hubungannya Dengan Rentabilitas pada Puskopau Garuda Lanud Abd Saleh Malang

Retno Wulandari

Abstract



Penelitian ini merupakan jenis penelitian asosiatif dengan judul ?Analisis Tingkat Likuiditas dan Solvabilitas Serta Hubungannya Dengan Rentabilitas Pada Puskopau Garuda Lanud Abd Saleh Malang?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi koperasi ditinjau dari tingkat likuiditas, solvabilitas dan rentabilitas serta mengetahui hubungan diantaranya.
Hasil analisis menunjukkan bahwa rasio likuiditas yang tinggi menunjukkan adanya kelebihan aktiva lancar dan ini mempengaruhi terhadap rentabilitas koperasi, sedangkan berdasarkan uji korelasi diperoleh bahwa korelasi antara rentabilitas dengan likuiditas mempunyai angka korelasi sebesar 0.592 artinya berkorelasi positif sebesar 59,2 % dan tidak signifikan pada angka 0,293 karena lebih besar dari (0,05). Korelasi antara rentabilitas dan solvabilitas mempunyai angka ?0,534 artinya berkorelasi negatif sebesar 53,4% dan tidak signifikan pada angka 0,354 karena lebih besar dari (0,05). Untuk koefisien determinan diperoleh angka sebesar 0,805 artinya rentabilitas dapat dijelaskan oleh likuiditas dan solvabilitas sebesar 80,5% dan sisanya sebesar 19,5% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan untuk korelasi non parametrik hanya pada tingkat likuiditas dan rentabilitas yang mempunyai hubungan signifikan yaitu pada angka 0,054 sama dengan  (0,05).
Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah pada koperasi ini tingkat likuiditas dan solvabilitas tidak berhubungan dengan rentabilitas.
Implikasi dari penelitian ini adalah sebaiknya Puskopau Garuda lebih mengoptimalkan penggunaan aktiva untuk menjaga kondisi koperasi tetap stabil dan dapat meningkatkan rentabilitas.

 

Keyword : Tingkat Likuiditas, Solvabilitas, dan Rentabilitas

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/207/jiptummpp-gdl-s1-2007-retnowulan-10302-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


Tingkat Likuiditas; Solvabilitas; Rentabilitas