PEMBENTUKAN PORTOFOLIO YANG OPTIMAL DENGAN METODE INDEKS TUNGGAL PADA SAHAM SYARI'AH

Krisna Nusrawiraga

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pada saham Syariah-JII(Jakarta Islamic Indeks). Dengan judul ?Pembentukan Portofolio Yang Optimal Dengan Metode Indeks Tunggal Pada Saham Syariah?.
Tujuan penelitian ini adalah Menerapkan model indeks tunggal dalam menentukan portofolio, untuk menentukan proporsi dana yang diinvestasikan pada masing-masing saham, dan untuk menghitung tingkat resiko yang diharapkan dan tingkat keuntungan portofolio dari saham yang terpilih saham yang optimal pada saham syariah.
Dalam penelitian ini, tehnik analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif. Teknik analisis data menggunakan pendekatan kuantitatif adalah teknik analisis yang menekankan pada pengujian teori-teori melalui pengukuran variabel-variabel penelitian dalam angka (quantitiy) dan melakukan analisis data dengan prosedur statistik dan permodelan matematis.
Penelitian ini dilakukan terhadap perusahaan Syariah yang listing di BEJ dengan menggunakan Model Indeks Tunggal. Dengan menggunakan Model Indeks Tunggal ini, dapat ditentukan peringkat kelebihan keuntungan terhadap beta (Excess Return to Beta) masing-masing saham dari ranking tertinggi hingga terendah, dapat menentukan saham-saham yang masuk portofolio optimal, dan dapat menentukan besarnya proporsi dana masing-masing saham yang masuk portofolio optimal. Hasil yang diperoleh dari peneilitian tersebut, terdapat 8 saham yang ERB lebih besar dari Ci. Saham-saham tersebut meliputi KLBF, INCO, ISAT, PTBA, INTP, BNBR, MEDC, ANTM.
Dari penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa investor layak untuk menginvestasikan dananya pada 8 perusahaan yang memiliki tingkat pengembalian yang optimal tersebut.

 

Keyword : Optimal Portfolio forming by Single Index Method at Syariah Stock Exchange

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/212/jiptummpp-gdl-s1-2007-krisnanusr-10578-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


Optimal Portfolio forming by Single Index Method at Syariah Stock Exchange