PELAKSANAAN PRINSIP SYARIAH ATAS PEMBERIAN PEMBIAYAAN PADA PT. BANK MUAMALAT INDONESIA, Tbk. CABANG MALANG

MULIYANI MULIYANI

Abstract


Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi empiris yang dijelaskan secara deskriptif, artinya data yang dipakai adalah data secara lisan berupa deskripsi kegiatan operasional bank syariah yang menyangkut fenomena yang diteliti.
Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengidentifikasi bagaimana pelaksanaan prinsip syariah atas pemberian pembiayaan pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk. Cabang Malang dan Untuk mendapat informasi tentang faktor-faktor yang menjadi penghambat dalam pelaksanaan prinsip syariah atas pemberian pembiayaan pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk. Cabang Malang.
Alat analisis yang digunakan statistik deskriptif, yaitu ilmu yang berisi metode-metode pengumpulan, penyajian, dan pengaturan data guna membuat gambaran yang jelas tentang variasi sifat data, yang pada akhirnya akan mempermudah proses analisis dan interprestasi data. Statistik deskriptif yang digunakan dalam penelitian ini adalah: Melakukan interpretasi berdasarkan analisis deskriptif kualitatif sehingga dapat dijabarkan tentang pelaksanaan prinsip syariah atas pemberian pembiayaan dan penghambat pelaksanaan prinsip syariah pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk. Cabang Malang. Adapun langkah-langkahnya adalah: (1) Di sajikan dalam bentuk tabulasi; (2) Menghitung mean dan standar deviasi; (3) Hasil mean dan standar deviasi dianalisis dengan perbandingan angka 3.
Dari hasil analisis tersebut, PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk. Cabang Malang dalam pelaksanaan prinsip syariah atas pemberian pembiayaan telah berjalan dengan baik dan telah sesuai dengan prinsip-prinsip syariah. Selama ini faktor organisasional yang berkaitan dengan sosialisasi produk-produk syariah kepada masyarakat ternyata menjadi salah satu faktor penghambat bagi penerapan prinsip-prinsip syariah.
Implikasi dari hasil analisis adalah sebaiknya program pihak manajemen PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Malang untuk kedepannya lebih difokuskan pada kegiatan mempromosikan produk pembiayaan syariah yang dimiliki beserta keunggulannya terutama pada pembiayaan mudharabah dan musyarakah.

 

Keyword : Pelaksanaan Prinsip Syariah; Pembiayaan Mudharabah dan Musyarakah

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/212/jiptummpp-gdl-s1-2007-muliyani02-10580-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


Pelaksanaan Prinsip Syariah; Pembiayaan Mudharabah dan Musyarakah