PENGARUH PERPUTARAN MODAL KERJA DAN STRUKTUR MODAL TERHADAP PROFITABILITAS (Studi Empiris Pada Perusahaan Food and Beverage Yang Listing di Bursa Efek Jakarta)

GUNAWAN SETIYONO

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengadakan pengujian secara empiris apakah perputaran modal kerja dan struktur modal secara signifikan berpengaruh terhadap profitabilitas dan untuk mengetahui variabel mana yang paling dominan pengaruhnya terhadap profitabilitas.
Hipotesis dalam penelitian ini yaitu perputaran modal kerja dan struktur modal secara simultan dan parsial berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas pada perusahaan food and beverage yang listing di Bursa Efek Jakarta.
Alat yang digunakan untuk mengetahui apakah perputaran modal kerja dan struktur modal berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas adalah dengan menggunakan analisis regresi dengan data panel. Untuk mengetahui pengaruh perputaran modal kerja dan struktur modal secara simultan (bersama-sama) digunakan uji F, sedangkan untuk mengetahui perputaran modal kerja dan struktur modal secara parsial ( sendiri-sendiri ) dengan menggunakan uji T.
Hasil analisis dengan uji F dan uji T diketahui bahwa secara simultan dan parsial perputaran modal kerja dan struktur modal tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas.
Berdasarkan kesimpulan di atas, penulis dapat mengimplikasikan bahwa faktor-faktor di luar perputaran modal kerja dan struktur modal yang berpengaruh terhadap profitabilitas perusahaan food and beverage lebih besar proporsinya.Oleh sebab itu sebaiknya pelaku bisnis tidak hanya berpatokan terhadap variabel-variabel tersebut sebagai satu-satunya informasi yang relevan untuk diterapkan dalam mengambil keputusan. Perusahaan juga harus mempertimbangkan pengelolaan modal sendiri terutama bagaimana menyelaraskannya dengan penggunaan hutang.

 

Keyword : Pengaruh, Perputaran Modal Kerja, Struktur Modal, Proftabilitas

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/212/jiptummpp-gdl-s1-2007-gunawanset-10589-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


Pengaruh; Perputaran Modal Kerja; Struktur Modal; Proftabilitas