ANALISIS PENERAPAN MODEL MULTI FAKTOR UNTUK MEMBENTUK PORTOFOLIO OPTIMAL (Studi pada Saham Jakarta Islamic Index yang Tercatat di Bursa Efek Jakarta)

NURIA ULFASARI

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kausal yang berjudul ?Analisis Penerapan Model Multi Factor Untuk Membentuk Portofolio Optimal (Studi pada Saham Jakarta Islamic index yang tercatat di Bursa Efek Jakarta)?. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis saham-saham apa saja dan beberapa proporsinya yang dapat membentuk portofolio optimal serta utnuk mengetahui besarnya tingkat risiko dan pengembalian portofolio optimal dengan menggunakan model multi faktor pada saham JII selama periode penelitian.
Populasi penelitian ini adalah semua saham yang tergabung pada JII periode Januari 2005- Desember 2006. Motode pengambilan sample pada penelitian ini adalah teknik sample jenuh atau sensus yagn datanya lengkap dimana semua anggota populasi dijadikan sample. Sample pada penelitian ini adalah 29 perusahaan yang tergabung pada JII periode Juli 2006- Desember 2006.
Hasil perhitungan dengan menggunakan model multi faktor menyebutkan bahwa saham yang membentuk portofolio optimal berdasarkan model multi faktor adalah hanya PT. Bakrie Sumatera Plantation Tbk. (UNSP) yang memiliki dana dalam pembentukan portofolio sebesar 100%. Expected return yang terbentuk dari portofolio tersebut adalah sebesar 72.41441 dengan varian sebesar 5240.2132 standar deviasi sebesar 72.389.

 

Keyword : Model Multi Faktor, Portofolio Optimal, Saham JII

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/212/jiptummpp-gdl-s1-2007-nuriaulfas-10591-1.+Penda-n.pdf


Keywords


Model Multi Faktor; Portofolio Optimal; Saham JII