ANALISIS RASIO KEUANGAN UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN KOSMETIK YANG LISTING DI BEJ

Dhian Thaurisza

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kinerja keuangan pada perusahaan kosmetik yang listing di BEJ yang terdiri dari PT. Mandom Indonesia Tbk, PT. Mustika Ratu Tbk, dan PT. Unilever Indonesia Tbk, pada setiap tahunnya dari periode 2001-2005, dan untuk menganalisis perusahaan kosmetik mana yang mempunyai kinerja keuangan yang paling baik.
Alat analisis yang digunakan untuk menghitung rasio masing-masing perusahaan pada tahun 2001-2005 adalah dengan menggunakan rasio likuiditas, rasio profitabilitas, untuk menganalisis kinerja keuangan menggunakan metode time series analisys, dan untuk menilai kinerja keuangan perusahaan kosmetik mana yang paling baik dengan mengunakan metode cross sectional approach dengan menghitung ratarata industri sebagai pembanding rasio perusahaan.
Hasil dengan perhitungan time series analisys menunjukkan bahwa Kinerja keuangan PT. Mandom Indonesia dilihat dari rasio likuiditas, rasio solvabilitas, dan rasio profitabilitas sangat bagus, kinerja keuangan PT. Mustika Ratu, rasio likuiditasnya sangat bagus, pada rasio solvabilitas dan profitabilitas kurang bagus., sedangkan kinerja keuangan PT. Unilever Indonesia pada rasio solvabilitas sangat bagus pada rasio likuiditas kurang bagus pada rasio profitabilitas nya sangat bagus.
Dengan metode cross sectional approach dapat diketahui bahwa adalah PT. Mustika Ratu Indonesia Tbk, mempunyai kinerja paling baik dibandingkan dengan PT.Unilever dan PT. Mandom Indonesia, karena PT. Mustika Ratu Indonesia Tbk
memiliki tingkat likuiditas, solvabilitas dan profitabilitas yang baik dari tahun 2001- 2005.
Berdasarkan kesimpulan diatas, penulis menyarankan bahwa sebaiknya PT. mandom Tbk, menekan jumlah biaya-biaya yang digunakan sehingga bisa meningkatkan laba bersih, untuk PT. Unilever Indonesia Tbk lebih mampu meningkatkan keefisienan manajemen keuangannya, untuk PT. Mustika Ratu lebih mampu untuk memperbaiki rasio sovabilitasnya yang kurang baik, dengan cara mengurangi jumlah kewajiban jangka panjangnya.

 

Keyword : RASIO, TIME SERIES

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/213/jiptummpp-gdl-s1-2007-dhianthaur-10640-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


RASIO; TIME SERIES