ANALISIS RASIO KEUANGAN UNTUK MENILAI KINERJA PERUSAHAAN RAMAYA BAKERY MOJOSARI

MUJI ETIKA SARI

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus pada Perusahaan Ramayana Bakery Mojosari dengan judul ?Analisis Rasio Keuangan Untuk Menilai Kinerja Keuangan Perusahaan Ramayana Bakery Mojosari?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui posisi keuangan dan menilai kinerja Perusahaan Ramayana Bakery Mojosari melalui analisis rasio terhadap laporan keuangan.
Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis rasio yang terdiri dari rasio likuiditas, rasio leverage, rasio aktivitas dan rasio frofitabilitas. Rasio likuiditas merupakan analisis untuk mengetahui kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajiban jangka pendeknya. Rasio likuiditas meliputi current ratio, quick ratio dan cash ratio. Rasio Leverage merupakan analisis untuk mengetahui sejauh mana perusahaan dibiayai oleh hutang. Rasio leverage meliputi debt to total assets ratio dan debt to equity ratio. Rasio aktivitas merupakan suatu analisis untuk mengetahui efektivitas kegunaan investasi dan sumber ekonomi yang dimiliki perusahaan. Rasio aktivitas meliputi fixed assets turn over, total assets turn over dan working capital turn over. Rasio profitabilitas merupakan analisis untuk mengukur kemampuan dalam menghasilkan laba selama periode tertentu. Rasio profitabilitas meliputi operating profit margin, net profit margin, ROI dan ROE.
Hasil perhitungan dengan analisis rasio likuiditas menunjukkan perusahaan mempunyai tingkat likuiditas yang baik. Menurut ratio leverage menunjukkan prosentase yang selalu mengalami kenaikan dari tahun ke tahun, ini berarti perusahaan dalam menjalankan kegiatannya semakin tergantung pada hutang. Rasio aktivitas menunjukkan bahwa perusahaan semakin efektif dalam mengelola sumber daya yang dimilikinya. Serta rasio profitabilitas menunjukkan kondisi perusahaan dalam menghasilkan laba semakin baik, hal ini dapat dilihat dari prosentase yang dicapai oleh perusahaan dari tahun ke tahun mengalami kenaikan. Berdasarkan rasio-rasio tersebut maka perusahaan telah berhasil dalam mengelola keuangan.
Berdasarkan kesimpulan diatas, maka sebaiknya perusahaan Ramayana Bakery Mojosari hendaknya mempertahankan rasio-rasio yang telah dicapai dan melakukan pengendalian terhadap biaya-biaya.

 

Keyword : Analisis Rasio Keuangan

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/213/jiptummpp-gdl-s1-2007-mujietikas-10641-pendahul-n.pdf


Keywords


Analisis Rasio Keuangan