PENGARUH KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN TEKSTIL YANG TERDAFTAR DI BEJ

RINI DARMAWATI

Abstract


Salah satu alat untuk mengukur kinerja keuangan perusahaan yang lazim dipakai selama ini adalah rasio financial yang terdiri dari rasio likuiditas, rasio aktivitas dan rasio profitabilitas. Seiring dengan perkembangan pasar modal, bagi pihak manajemen analisis rasio financial belum cukup untuk mengetahui terjadinya nilai tambah perusahaan, sedangkan para penyandang dana (kreditur dan pemegang saham) belum mempunyai keyakinan apakah modal yang telah ditanamkan dimasa yang akan datang akan memberikan tingkat hasil yang diharapkan. Untuk melengkapi analisis dengan menggunakan rasio financial selama ini, maka dikembangkan konsep Economic Value Added (EVA). EVA merupakan suatu alat analisis finansial untuk menilai tingkat profitabilitas yang rasional dari operasi perusahaan. EVA mempertimbangkan dengan adil harapan para penyandang dana melalui biaya modal rata-rata tertimbang dari struktur modal perusahaan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja keuangan perusahaan apabila diukur dengan menggunakan konsep EVA, serta pengaruhnya terhadap harga saham. Penelitian dilakukan dengan menggunakan sampel perusahaan tekstil yang terdaftar di BEJ selama periode 2003-2005.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja keuangan perusahaan tekstil di Bursa efek Jakarta jika diukur dengan menggunakan konsep Economic Value Added rata-rata mengalami penurunan yang disebabkan laba operasi tidak dapat menutupi biaya modal dan pajak yang di bebankan pada perusahaan, sehingga laba yang di terima tidak dapat memenuhi harapan penyandang dana. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa EVA berpengaruh positif terhadap harga saham, hal ini ditunjukkan oleh besarnya nilai thitung dibandingkan nilai ttabel (6,323  2,00). Pengaruh signifikan antara EVA terhadap harga saham menunjukkan bahwa investor saat ini telah menggunakan informasi EVA atau konsep value added sebagai salah satu alat dalam pengambilan keputusan, khususnya dalam berinvestasi pada saham. Arah pengaruh positif menunjukkan semakin tinggi perusahaan mampu menciptakan value bagi pemegang saham, akan menjadikan harga saham perusahaan tersebut diminati di pasar modal sehingga akan menyebabkan kenaikan terhadap harga saham tersebut.

 

Keyword : kinerja keuangan, Economic Value Added (EVA), harga saham

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/213/jiptummpp-gdl-s1-2007-rinidarmaw-10642-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


kinerja keuangan; Economic Value Added (EVA); harga saham