ANALISIS RETRIBUSI PASAR DAN RETRIBUSI PARKIR TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) SEBELUM DAN SESUDAH OTONOMI DAERAH DI KABUPATEN KOTAWARINGIN TIMUR KALIMANTAN TENGAH

Rita Novianti Sutikno

Abstract


Penelitian ini merupakan study kasus dengan judul ?Analisis Retribusi Pasar dan Retribusi Parkir terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Sebelum dan Sesudah Otonomi Daerah di Kabupaten Kotawaringin Timur?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menelaah perkembangan penerimaan retribusi pasar dan retribusi parkir sebelum dan sesudah otonomi daerah, untuk menelaah besarnya kontribusi retribusi pasar dan retribusi parkir sebelum dan sesudah otonomi daerah terhadap pendapatan asli daerah, serta untuk menelaah apakah retribusi pasar dan retribusi parkir sebelum dan sesudah otonomi daerah di Kabupaten Kotawaringin Timur sudah efisien dan efektif. Metode analisis data yang digunakan adalah Pertama; Analisis pertumbuhan, pada analisis pertumbuhan ini akan digunakan untuk mengetahui perkembangan Pandapatan Asli Daerah disamping untuk mengetahui berapa besar kenaikan dan penurunan dalam tiap-tiap tahunnya, Kedua; Analisis kontribusi, dan Ketiga; Analisis Efisiensi dan Efektivitas.
Hasil analisis pertumbuhan menunjukkan bahwa perkembangan penerimaan retribusi pasar dari tahun ke tahunnya selalu mengalami peningkatan sedangkan penerimaan dari retribusi parkir selalu berfluktuasi bahkan cenderung menurun. Perkembangan penerimaan Pendapatan Asli Daerah juga mengalami fluktuasi. Analisis Kontribusi menunjukkan bahwa kontribusi penerimaan retribusi pasar dan retribusi parkir terhadap Pendapatan Asli Daerah mengalami fluktuasi. dan untuk analisis efisiensi dan efektifitas menunjukkan bahwa penerimaan yang berasal dari retribusi pasar dapat dikategorikan memiliki tingkat efisien yang cukup sedangkan penerimaan dari retribusi parkir, hanya pada sesudah otonomi daerah memiliki tingkat efisien yang kurang dibandingkan sesudah otonomi daerah. Sedangkan pada tingkat efektivitas pengelolaan retribusi pasar dan retribusi parkir sebelum dan seudah otonomi daerah memiliki grade yang efektif (lebih dari 100%).
Berdasarkan kesimpulan diatas, maka dapat diajukan saran-saran, diantaranya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, terutama bagi pengguna pasar dan lahan parkir, meningkatkan pengawasan, pembinaan, dan evaluasi secara terus menerus serta memberikan penyuluhan, baik bagi petugas pemungut maupun pedagang, melakukan swastanisasi pengelolaan lahan parkir dan bertindak lebih tegas terhadap orang-orang atau badan yang menyediakan lahan parkir yang tidak terkendali.

 

Keyword : Retribusi Pasar, Retribusi Parkir, PAD, dan Otonomi Daerah

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/213/jiptummpp-gdl-s1-2007-ritanovian-10649-01+PENDA-N.PDF


Keywords


Retribusi Pasar; Retribusi Parkir; PAD; Otonomi Daerah