ANALISIS DAMPAK PENGUMUMAN RIGHT ISSUE TERHADAP PERUBAHAN RETURN SAHAM PERUSAHAAN YANG LISTING DI BEJ

Reni Oktoria Dwi Kameswari

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian empiris pada perusahaan publik di BEJ dengan judul ?Analisis Dampak Pengumuman Right Issue Terhadap Perubahan Return Saham Perusahaan yang Listing di BEJ?. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji apakah pengumuman right issue yang dilakukan oleh emiten berpengaruh terhadap harga saham yang dapat dilihat dari return aktual saham.
Dalam penelitian ini penulis mengajukan satu hipotesis yaitu: bahwa terdapat pengaruh yang signifikan adanya pengumuman right issue terhadap perubahan harga saham. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi peristiwa (event study). Sedangkan pengujian hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini analisis uji beda paired sample t-test.
Hasil pengujian hipotesis menyatakan bahwa secara keseluruhan terdapat perbedaan yang tidak signifikan secara statistik terhadap rata-rata return saham aktual sebelum dan sesudah pengumuman right issue. Hal ini menunjukkan pengumuman right issue yang dilakukan oleh emiten atau perusahaan tidak berpengaruh terhadap harga saham. Kondisi ini disebabkan pengumuman right issue tidak memberikan informasi atau sinyal tertentu pada pasar, sehingga membuat investor tidak mengambil keputusan investasi yang tercermin dari perubahan harga yang tidak signifikan, yang selanjutnya akan mempengaruhi return saham aktual. Dengan demikian hipotesis dalam penelitian ini tidak terbukti.

 

Keyword : right issue, return saham aktual

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/215/jiptummpp-gdl-s1-2007-renioktori-10745-1.+Penda-n.pdf


Keywords


right issue; return saham aktual