ANALISIS KINERJA KEUANGAN KOPERASI PEGAWAI NEGERI (KP-RI) DI BLITAR BERDASARKAN RASIO KEUANGAN (Studi Kasus Pada KP-RI BAHTERA KENCANA dan KP-RI DWIJA-TAMA Selama Periode 2000-2004)

MAHARANI DYAN ANGGRAENI

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus pada KP-RI BAHTERA KENCANA dan KP-RI DWIJA-TAMA pada peride 2000-2004 dengan judul ?Analisis Kinerja Keuangan Koperasi Pegawai Negeri (KP-RI) di Blitar Berdasarkan Rasio Keuangan?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa sejauh mana kinerja atau prestasi yang telah dicapai oleh kedua KP-RI jika ditinjau dari aspek keuangan dengan menggunakan rasio keuangan.
Hasil penelitian berdasarkan analisis keuangan pada KP-RI BAHTERA KENCANA kinerjanya cukup baik karena koperasi mampu memenuhi kewajiban finansial jangka pendek. Analisis rasio solvabilitas pada koperasi ini kinerjanya sudah baik karena jika koperasi pada suatu saat dilikuidasi atau dibebankan masih mampu membayar hutangnya.
Hasil penelitian berdasarkan analisis keuangan pada KP-RI DWIJA TAMA kinerjanya cukup baik karena koperasi mampu memenuhi kewajiban finansial jangka pendek. Analisis rasio solvabilitas pada koperasi ini kinerjanya sudah baik karena jika koperasi pada suatu saat dilikuidasi atau dibebankan masih mampu membayar hutangnya.
Berdasarkan kesimpulan di atas penulis dapat mengimplikasikan bahwa sebaiknya kedua koperasi hendaknya mengoptimalkan modal kerja yang ada sehingga dapat didayagunakan dan mengevaluasi laporan-laporan keuangan dengan cara membandingkan laporan-laporan tersebut dengan laporan keuangan tahun sebelumnya agar dapat diketahui prestasi kerja yang dicapai oleh manajer/pengurus koperasi dalam mengelola koperasi tersebut.

 

Keyword : KEUANGAN KOPERASI

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/224/jiptummpp-gdl-s1-2007-maharanidy-11195-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


KEUANGAN KOPERASI