ANALISIS PENGARUH RASIO PROFITABILITAS TERHADAP HARGA SAHAM (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang listing di Bursa Efek Jakarta)

Andika Primadiantoro

Abstract


Penelitian ini merupakan jenis penelitian explanatory research dengan judul skripsi ?Analisis Pengaruh Rasio Profitabilitas Terhadap Harga Saham (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang listing di Bursa Efek Jakarta). Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah rasio profitabilitas mempengaruhi harga saham perusahaan manufaktur yang listing di Bursa Efek Jakarta. Hipotesis dari penelitian ini yaitu rasio profitabilitas berpengaruh terhadap harga saham.
Untuk dapat mengetahui apakah rasio profitabilitas berpengaruh ataukah tidak, maka digunakan alat analisis regresi berganda yang kemudian dilakukan uji hipotesis. Sebelum dianalisis regresi perlu dilakukan uji normalitas data dan uji asumsi klasik. Setelah dilakukan analisis regresi diperoleh persamaan regresi Y = 5,071 + 0,252X1 + 0,533X2 + 0,020X3. dari pengujian hipotesis didapat Sig. F yang kurang dari 5% dan Sig. T untuk ROA kurang dari 5% untuk NPM dan ROE lebih dari 5%.
Koefisien regresi menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif maksudnya dengan penambahan satu satuan rasio profitabilitas (NPM, ROA, ROE), maka diharapkan harga saham akan naik sebesar koefisien regresinya. Dari uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa secara simultan rasio profitabilitas (NPM, ROA, ROE) berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Sedangkan secara parsial variable NPM dan ROA berpengaruh signifikan kecuali NPM, dan ROE tidak berpengaruh terhadap harga saham.

 

Keyword : Rasio Profitabilitas, harga saham.

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/226/jiptummpp-gdl-s1-2007-andikaprim-11256-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


Rasio Profitabilitas; harga saham