ANALISIS SISTEM PENGENDALIAN INTERN TERHADAP PENJUALAN DAN PENERIMAAN KAS PADA PT. WINGS SURYA JEMBER

Wahyu Wijayanti

Abstract


Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian studi kasus pada PT. Wings Surya Jember dengan Judul ?Analisis Sistem Pengendalian Intern Terhadap Penjualan dan Penerimaan Kas Pada PT. Wings Surya Jember?
Tujuan Penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran secara langsung tentang prosedur penjualan dan penerimaan kas yang telah diterapkan dan dilakukan oleh perusahaan dan untuk mengetahui sejauh mana penerapan sistem pengendalian intern atas prosedur penjualan dan penerimaan kas pada PT. Wings Surya Jember.
Metode analisis yang dilakukan meliputi: analisis terhadap sistem pengendalian intern yang terdiri dari analisis struktur organisasi, analisis sistem dan prosedur pencatatan penjualan dan penerimaan kas yang ditetapkan, analisis praktek yang sehat, kualifikasi tenaga kerja yang cakap.
Dari hasil analisis terhadap sistem pengendalian intern, penulis mengusulkan pada PT. Wings Surya Jember untuk melakukan pemisahan fungsi atau bagian kasir keuangan dan akuntansi pada bagian penjualan, penambahan rangkap faktur penjualan untuk pelanggan pada penjualan tunai, pelatihan dan pengembangan khususnya outbond untuk sales dan pengawasan yang lebih intensif lagi pada sistem dan wewenang penjualan dan penerimaan kas.
Dari kesimpulan diatas penulis mengimplikasikan agar PT. Wings Surya Jember membentuk bagian akuntansi yang bertugas mencatat transaksi dan kasir sebagai penerima uang, menambah rangkap faktur pada penjualan tunai untuk pelanggan, memberikan pelatihan dan pengembangan khususnya outbond untuk jabatan sales dan meningkatkan pengawasan sistem dan prosedur, wewenang, dan otorisasi pada bagian penjualan dan penerimaan kas agar tercipta internal check antar suatu bagian dengan bagian yang lain.

 


Keyword : sistem pengendalian intern, penjualan, penerimaan kas

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/226/jiptummpp-gdl-s1-2007-wahyuwijay-11280-1.+Penda-n.PDF


Keywords


sistem pengendalian intern; penjualan; penerimaan kas