Analisa Perbadingan Kinerja Keuangan Bank Central Asia dan Bank Mandiri Periode 2002-2006

Donni Yunus

Abstract


Penelitian ini adalah jenis penelitian yang bersifat deskriptif komparatif, yang dilakukan pada Bank Central Asia (Tbk) dan Bank Mandiri (persero), yang berjudul ? ANALISA PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN BANK CENTRAL ASIA DAN BANK MANDIRI PERIODE 2002-2006?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kinerja keuangan Bank Central Asia dan Bank Mandiri, untk mengetahui apakah ada perbedaan kinerja keuangan Central Asia dan Bank Mandiri pada periode 2002-2006.
Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sesuai dengan Surat Edaran BI 26/5/BPPP adalah dengan menggunakan pendekatan CAMEL (Capital, Asset, Management, Earning, Liquidity). Aspek Capital kedua bank pada periode penelitian ini menunjukan mempunyai tingkat kecukupan modal diatas ketentuan BI sebesar 8%. Nilai rata-rata CAR Bank Central Asia pada periode penelitian ini adalah sebesar 25.52% sedangkan Bank Mandiri sebesar 25.86% Aspek Quality menunjukan bahwa kedua Bank mempunyai kualitas asset yang cukup baik meskipun pada tahun 2002 dan 2006 NPL Bank Mandiri belum memenuhi standart yang ditentukan BI. Rata-rata NPL dalam lima tahun terakhir untuk Bank Central Asia adalah 2.02%dan untuk bank Bank Mandiri 13.49 sehingga NPL Bank BCA lebih daripada Bank Mandiri. Aspek Earning kedua Bank menunjukkan mampu mengelola asetnya dengan baik. Hal ini terbukti dari nilai ROA, ROE, dalam priode ini cukup tinggi. Nilai BOPO menunjukan kedua bank mampu menekan biaya operasionalnya seminimal mungkin. Aspek Liquidity kedua bank mampu mengelola likuiditas secara efisien, nilai LDR Bank Central Asia sebesar 23.48% pertahun baik dari Bank Mandiri dari 46.76% pertahun.
Hasil analisa kesehatan bank menunjukan kedua bank mempunyai predikat keuangan yang sangat baik ditunjukkan pada nilai tertimbnag yang diperoleh dari masing-masing aspek dengan menggunakan pendekatan CAMEL.

 

Keyword : Kinerja, Keuangan Bank Central Asia ( BCA )

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/207/jiptummpp-gdl-s1-2007-donniyunus-10303-Pendahul-n.pdf


Keywords


Kinerja Keuangan; Bank Central Asia ( BCA )