PENGENDALIAN BIAYA OVERHEAD PABRIK UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI BIAYA PRODUKSI PADA PT. ERATEX DJAJA-PROBOLINGGO

Musyarofah Musyarofah

Abstract


Penelitian ini dilakukan di PT. Eratex Djaja yang berlokasi di Jl Soekarno Hatta No.23 Probolinggo. Perusahaan ini merupakan perusahaan yang bergerak dibidang Textil. Dalam penelitian ini peneliti mengambil judul Pengendalian Biaya Overhead Pabrik untuk Meningkatkan Efisiensi Biaya Produksi pada PT. Eratex Djaja-Probolinggo.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui usaha-usaha perusahaan dalam upaya pengendalian biaya overhead pabrik dan juga untuk mengetahui efisiensi biaya produksi perusahaan.
Dalam melakukan penelitian alat yang digunakan untuk menganalisis biaya overhead pabrik adalah selisih atau varian. Dalam menganalisis biaya overhead pabrik terlebih dahulu dilakukan pemisahan biaya semivariabel ke dalam elemen biaya tetap dan biaya variabel dengan mengunakan metode titik tertinggi dan terendah..Kemudian dilanjutkan dengan penentuan tarif biaya overhead pabrik. Dan langkah berikutnya adalah menganalisis biaya overhead pabrik dengan menggunakan selisih anggaran dan selisih kapasitas.
Dari hasil analisis selisih anggaran dapat diketahui bahwa terdapat penyimpangan yang tidak menguntungkan sebesar Rp 442.653.215,00. Hal ini disebabkan karena adanya kenaikkan biaya reparasi dan pemeliharaan mesin, karena mesin-mesin yang digunakan kurang diperhatikan sehingga sering mengalami kerusakan serta naiknya biaya listrik karena penggunaan listrik yang tidak efisien.
Dari hasil analisis selisih kapasitas diperoleh hasil menguntungkan sebesar Rp 2.254.015,00. Hal ini karena kapasitas yang tersedia dapat digunakan dengan baik.seningga tidak ada kapasitas yang menganggur.
Sehubungan dengan kesimpulan diatas maka penulis dapat memberikan saran kebijakan alokasi terhadap biaya overhead pabrik agar tidak menyimpang terlalu besar dari anggaran. Mengoptimalkan penggunaan secara efisien biaya tetap dari kapasitas yang tersedia. Dan juga hasil penelitian juga terbatas pada analisa selisih anggaran dan selisih kapasitas maka untuk kepentingan penelitian mendatang sebaiknya menggunakan analisa dua selisih maupun tiga selisih.

 

Keyword : pt eratex djaja

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/207/jiptummpp-gdl-s1-2007-musyarofah-10310-01.+PEND-N.PDF


Keywords


pt eratex djaja