EVALUASI SISTEM PENGENDALIAN INTERN PENERIMAAN DAN PENGELUARAN KAS PADA RUMAH SAKIT (Studi Kasus pada RSI Nashrul Ummah di Lamongan)

Diyah Ayu Nurhidayati

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus pada RSI Nashrul Ummah Lamongan dengan judul ?Evaluasi Sistem Pengendalian Intern Penerimaan dan Pengeluaran Kas Pada Rumah Sakit (Studi Kasus Pada RSI Nashrul Ummah di Lamongan)?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah sistem pengendalian intern penerimaan dan pengeluaran kas sudah efektif dan efisien.
Alat analisa yang digunakan adalah dengan mengevaluasi komponen-komponen sistem pengendalian intern yang terdiri dari struktur organisasi, sistem wewenang dan prosedur pencatatan, praktek yang sehat, kualitas sumber daya manusia, serta menggunakan analisis efektifitas dan efisiensi kas.
Dari hasil analisis terhadap komponen-komponen sistem pengendaliaan tersebut dapat diketahui masih ada sedikit kelemahan, seperti pengeluaran kas dalam jumlah besar masih menggunakan uang tunai, belum adanya rotasi jabatan dan belum diterapkannya sistem imprest sehingga pengendalian terhadap kas kurang terjamin yang dapat mengakibatkan pengelolaan kas belum efisien. Penerimaan kas pada tahun 2004 dan 2005 sudah efektif, sedangkan pengeluaran kas pada tahun 2004 belum efektif dikarenakan terjadi pembengkakan pengeluaran kas dan pengeluaran kas pada tahun 2005 sudah efektif. Tingkat perputaran kas mengelami penurunan dari tahun 2004 ke tahun 2005, hal ini menunjukkan bahwa pengelolaan kas belum efisien.
Berdasarkan analisis yang telah dilakukan hendaknya pihak RSI Nashrul Ummah Lamongan mengkaji ulang sistem penetapan anggaran dalam pengeluaran kasnya dan perputaran kas sebaiknya lebih ditingkatkan dengan harapan pada tahun berikutnya pengelolaan kas bisa efisien.

 

Keyword : Sistem Penegndalian Intern Kas

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/208/jiptummpp-gdl-s1-2007-diyahayunu-10377-1.+Penda-n.PDF


Keywords


Sistem Penegndalian Intern Kas