FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGELUARAN BIAYA JASA TELEKOMUNIKASI PADA KERAJINAN KAYU JATI BOJONEGORO

Mirta Faini Putri

Abstract


Penelitian ini merupakan jenis penelitian studi kasus pada Dinas Pengelolaan Pasar Daerah Kabupaten Malang dengan judul ?Efektivitas Sistem Pengendalian Intern Pada Pelaksanaan Pemungutan Retribusi Pasar Guna Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Malang?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas sistem pengendalian intern pada pelaksanaan pemungutan retribusi pasar serta kontribusi penerimaan retribusi pasar terhadap Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Malang.
Tahap-tahap analisis yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah:
1). Analisis Kualitatif dengan mengevaluasi efektivitas sistem pengendalian intern pada pelaksanaan pemungutan retribusi pasar.
2). Analisis Kuantitatif yang terdiri dari :
a. Analisis Efektifitas Pemungutan Retribusi Pasar.
b. Analisis Pertumbuhan/Perkembangan Penerimaan Retribusi Pasar.
c. Analisis Kontribusi Penerimaan Retribusi Pasar terhadap Pendapatan Asli Daerah.
Hasil penelitian pada Dinas Pengelolaan Pasar Daerah Kabupaten Malang menunjukkan bahwa : 1). Sistem Pengendalian Intern pada pelaksanaan pemungutan retribusi pasar sudah berjalan efektif. Hal ini terbukti dari struktur organisasi yang sudah tersusun rapi dan sudah memisahkan tanggung jawab fungsional secara tepat, prosedur pencatatan dokumen yang digunakan untuk pengawasan terhadap pendapatan sudah baik, terdapat adanya praktek yang sehat dari setiap pegawai Dinas Pasar dalam menjalankan tugas dan fungsinya sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan, serta kinerja dan mutu pegawai yang baik dalam melaksanakan tugas dan fungsi sesuai dengan tanggung jawabnya. 2). Penerimaan retribusi pasar dapat memberikan kontribusi terhadap Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Malang. Dengan penerimaan retribusi pasar yang optimal maka Pendapatan Asli Daerah meningkat.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa sistem pengendalian intern pada pelaksanaan pemungutan retribusi pasar telah berjalan secara efektif sehingga penerimaan retribusi pasar sesuai dengan yang telah ditentukan dan mampu memberikan kontribusi terhadap Pendapatan Asli Daerah sehingga Pendapatan Asli Daerah pun meningkat.

 

Keyword : Efektivitas, Sistem Pengendalian Intern, Retribusi Pasar, PAD

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/208/jiptummpp-gdl-s1-2007-mirtafaini-10381-Pendahul-n.pdf


Keywords


Efektivitas; Sistem Pengendalian Intern; Retribusi Pasar; PAD