PENGARUH PENGUNGKAPAN SOSIAL DALAM LAPORAN TAHUNAN PERUSAHAAN TERHADAP VOLUME PERDAGANGAN SAHAM (Studi Empiris Pada Perusahaan Food and Beverage yang Listing di BEJ)

Dya Irawati

Abstract


Penelitian ini merupakan studi empiris pada perusahaan food and beverage yang listing di Bursa Efek Jakarta, peneliti menggunakan sampel sebanyak 10 perusahaan. Peneliti mengambil judul ?Pengaruh Pengungkapan Sosial Dalam Laporan Tahunan Perusahaan Terhadap Volume Perdagangan Saham (Studi Empiris Pada Perusahaan Food and Beverage yang Listing di BEJ)?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan bukti empiris mengenai pengaruh pengungkapan sosial dalam laporan tahunan perusahaan terhadap volume perdagangan saham.
Objek dan lokasi penelitian yang dipilih adalah perusahaan food and beverage yang listing di Bursa Efek Jakarta, data diambil dari Pojok BEJ Universitas Muhammadiyah Malang dan Pojok BEJ Universitas Brawijaya Malang.
Teknik analisis yang digunakan adalah menghitung proporsi masing-masing sub tema yang diungkapkan perusahaan, menghitung indeks pengungkapan sosial secara keseluruhan, menghitung volume perdagangan saham, dan melakukan uji hipotesis. Pengujian hipotesis terdiri dari uji normalitas data, dimana uji normalitas ini bertujuan untuk mengetahui apakah data tersebut berdistribusi normal atau tidak. Pengujian normalitas data dalam penelitian ini menggunakan scatter plots dan uji one sample kolmogorov smirnov. Uji hipotesis yang kedua uji regresi yaitu dengan analisis regresi linier sederhana yang dilakukan dengan menggunakan SPSS for Windows versi 13.0, dimana tujuan dari analisis regresi linier sederhana ini adalah untuk menghitung besarnya pengaruh antara variabel bebas terhadap variabel terikat. Uji yang terakhir yaitu uji t, dimana uji t digunakan untuk mengetahui apakah variabel bebas secara parsial mempunyai pengaruh terhadap variabel terikat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh pengungkapan sosial terhadap volume perdagangan saham tidak signifikan. Hal ini terbukti dari uji t, nilai probabilitas yang dihasilkan sebesar 0,575 > 0,05 atau thitung < ttabel yaitu 0,567 < 2,048 maka H0 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengungkapan sosial dalam laporan tahunan perusahaan food and beverage yang listing di BEJ tidak berpengaruh terhadap volume perdagangan saham. Dan juga pada koefisien determinasi yang bertujuan untuk mengetahui kontribusi pengaruh dari variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 1,1 % dan sisanya 98,9 % ditentukan oleh variabel lain, sehingga hal tersebut mengindikasikan bahwa investor kurang merespon dengan baik informasi sosial yang disajikan perusahaan dalam laporan keuangan.
Berdasarkan kesimpulan diatas maka ada beberapa saran yang dapat diajukan oleh peneliti agar investor dapat menjadikan pengungkapan sosial dalam laporan tahunan perusahaan sebagai tambahan informasi yang potensial untuk kepentingan investasinya sehingga dengan adanya respon baik dari pihak investor untuk lebih berinvestasi dapat meningkatkan volume perdagangan saham.

 

Keyword : PERUSAHAAN TERHADAP VOLUME PERDAGANGAN SAHAM

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/208/jiptummpp-gdl-s1-2007-dyairawati-10364-1.+PENDA-N.pdf


Keywords


PERUSAHAAN TERHADAP VOLUME PERDAGANGAN SAHAM