ANALISIS PENGARUH PENGUNGKAPAN SOSIAL DALAM LAPORAN TAHUNAN TERHADAP VOLUME PERDAGANGAN SAHAM (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Termasuk Dalam Indeks LQ 45)

Widi Dayan

Abstract


Penelitian ini merupakan study kasus pada Perusahaan Manufaktur yang Termasuk Dalam Indeks LQ 45, dimana peneliti menggunakan sampel sebanyak 10 perusahaan dari 14 perusahaan. Disini peneliti mengambil judul ? Analisis Pengaruh Pengungkapan Sosial Dalam Laporan Tahunan Terhadap Volume Perdagangan Saham (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Yang Termasuk Dalam Indeks LQ 45) ?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengungkapan sosial terhadap volume perdagangan saham pada perusahan manufaktur yang termasuk dalam indeks LQ 45.
Objek dan lokasi yang dipilih adalah Perusahaan Manufaktur yang termasuk dalam indeks LQ 45, yang diambil dari Pojok BEJ Brawijaya. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah Menghitung proporsi masing-masing sub tema yang diungkapkan perusahaan, Menghitung indeks pengungkapan sosial secara keseluruhan, Menghitung volume perdagangan saham, dan melakukan uji hipotesis dimana dalam uji hipotesis ini terdiri dari Uji Normalitas Data, dimana uji normalitas ini bertujuan untuk menguji apakah data tersebut berdistribusi normal atau tidak, yang kedua yaitu Uji Regresi dimana analisis regresi ini dilakukan dengan menggunakan SPSS for Windows versi 11.01. dan tujuannya adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat, sedangkan yang terakhir yaitu uji t dimana tujuan dari penggunaan uji t adalah Untuk mengetahui pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat secara parsial.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengungkapan sosial tidak berpengaruh terhadap volume perdagangan saham. Hal tersebut dapat dilihat dalam uji t dimana, nilai probabilitas yang dihasilkan sebesar 0.800>0.05 atau t hitung < t table (0.255<1.699), maka Ho diterima. Sehingga tidak ada pengaruh pengungkapan sosial dengan volume perdagangan saham. Dan juga pada koefisien determinasi yang bertujuan untuk mengetahui kontribusi pengaruh dari variabel terikat sebesar 0.2% dan sisanya sebesar 99.8% ditentukan variabel lain. Maka dapat disimpulkan dalam penelitian ini tentang pengaruh pengungkapan sosial dalam laporan tahunan perusahaan yang termasuk LQ 45 tidak mempengaruhi investor dalam melakukan investasi. Dalam hal ini investor tidak menjadikan pengungkapan sosial perusahaan sebagai tolok ukur yang utama dalam berinvestasi.
Berdasarkan kesimpulan diatas maka penulis sampaikan saran sebaiknya, para investor dalam rangka pengambilan keputusan investasi tidak hanya berdasarkan pada informasi keuangan, tetapi sebaiknya juga memperhatikan hubungan perusahaan dengan lingkungan sosial, yaitu masyarakat sekitar, konsumen dan produk, karyawan serta lingkungan hidup.

 

Keyword : Pengungkapan Sosial, Volume Perdagangan Sosial

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/188/jiptummpp-gdl-s1-2007-wididayan0-9400-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


Pengungkapan Sosial; Volume Perdagangan Sosial