ANALISIS dan DESAIN SISTEM AKUNTANSI (Studi Kasus pada UD. REJEKI JAYA MALANG)

WASILA DO UMAR

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian yang bersifat studi kasus pada UD. Rejeki Jaya Malang, yang bergerak dibidang usaha dagang yaitu jual beli kayu-kayu kalimantan dan bahan bangunan. Judul dari penelitian ini adalah ?Analisis dan Desain Sistem Akuntansi (Studi Kasus pada UD. Rejeki Jaya Malang)?. Penelitian dilakukan bertujuan untuk menjelaskan pelaksanaan sistem akuntansi yang sedang dijalankan oleh perusahaan dan untuk mengetahui apakah sistem akuntansi yang diterapkan sudah memenuhi syarat-syarat pengendalian intern yang layak, serta untuk mendesain sistem akuntansi yang sesuai bagi UD. Rejeki jaya untuk 2 tahun ke depan.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan analisis dekriptif kualitatif, dengan menggambarkan atau menjelaskan aspek-aspek yang relevan dengan perancangan sistem infromasi akuntansi dengan berpedoman terhadap landasan teori yang ada. Tujuan tersebut dapat dicapai dalam tiga tahap yaitu 1) mengidentifikasi permasalahan yang sedang dihadapi, 2) menganalisis sistem akuntansi yang berlaku dan 3) mendesain sistem akuntansi yang tepat untuk UD. Rejeki Jaya.
Penelitian rinci menyatakan bahwa sistem akuntansi yang diterapkan UD.Rejeki Jaya masih sangat sederhana. Hal ini dibuktikan dari laporan keuangan yang dihasilkan masih sangat sederhana sehingga belum dapat dijadikan sebagai dasar dalam pengambilan keputusan.
Berdasarkan hasil penelitian rinci menyatakan bahwa system akuntansi yang diterapkan UD. Rejeki Jaya masih sederhana maka, Dalam hal ini peneliti merekomendasikan desain sistem akuntansi yang tepat sehingga masalah yang dihadapi dapat terpecahkan. Desain sistem akuntansi yang dibuat oleh peneliti yaitu desain prosedur-prosedur transaksi, desain rekening dan kode rekening, desain dokumen-dokumen, desain laporan keuangan, serta desain siklus pencatatan dan penyajian laporan keuangan.

 

Keyword : Analisis, Sistem, Akuntansi.

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/189/jiptummpp-gdl-s1-2007-wasiladoum-9441-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


Analisis; Sistem; Akuntansi