EVALUASI TERHADAP SISTEM PENGENDALIAN INTERN UNTUK PEMBERIAN KREDIT DAN PENERIMAAN ANGSURAN PADA PRIMER KOPERASI PEGAWAI REPUBLIK INDONESIA (PRIMKOPRI) ?SEJAHTERA? KOTA BLITAR

Agus Supriana

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus pada PRIMKOPRI ?Sejahtera? Kota Blitar dengan judul Evaluasi Terhadap Sistem Pengendalian Intern Untuk Pemberian Kredit Dan Penerimaan Angsuran pada PRIMKOPRI ?Sejahtera? Kota Blitar.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi sistem pemberian kredit dan penerimaan angsuran pada PRIMKOPRI ?Sejahtera? Kota Blitar dan untuk mengevaluasi sistem pengendalian intern atas pemberian kredit dan penerimaan angsuran pada PRIMKOPRI ?Sejahtera? Kota Blitar agar sesuai dengan tujuan pengendalian intern.
Dalam hal ini sistem pengendalian intern, tujuan yang ingin dicapai adalah untuk menjaga keamanan harta milik perusahaan, memeriksa ketelitian dan kebenaran data akuntansi, meningkatakan efisiensi dalam operasi serta mendorong ditaatinya kebijaksanaan manajemen yang ditetapkan, dengan menggunakan unsur-unsur sistem pengendalian intern yang meliputi : Struktur organisasi dimana terdapat pemisahan tanggung jawab yang tepat, sistem dan prosedur yang memuaskan, praktek yang sehat harus dilakukan dalam melaksanakan tugas-tugas dan fungsi setiap bagian organisasi serta pegawai-pegawai yang kualitasnya seimbang dengan tanggung jawabnya.
Untuk mengetahui efektif tidaknya sistem pengendalian intern atas pemberian kredit dan penerimaan angsuran, maka peneliti akan menguraikan antara lain : pada sistem dan prosedur harus dapat memisahkan fungsi-fungsi operasional perusahaan dan pencatatan aktifitas kredit sehingga tidak ada satu bagianpun yang diberi tanggung jawab lebih dari satu untuk melakukan seluruh tahap suatu transaksi. Pembagian tanggung jawab fungsional dan sistem wewenang serta prosedur yang telah ditetapkan tidak akan terlaksana dengan baik jika tidak diwujudkan dengan praktek-praktek yang sehat dalam pelaksanaannya.
Dengan mengefektifkan dan menerapkan sistem pengendalian intern atas pemberian kredit dan penerimaan angsuran, maka perusahaan akan dapat mencapai tujuan dari sistem pengendalian intern sesuai dengan yang diharapkan dan selain dapat membantu pengembangan usaha juga akan dapat memupuk keuntungan berdasarkan prinsip pengelolaan usaha melalui manajemen yang sehat.
Berdasarkan kesimpulan diatas, peneliti dapat mengimplikasikan bahwa sebaiknya PRIMKOPRI ?Sejahtera? Kota Blitar mengadakan penyempurnaan sistem pengendalian intern yang sudah ada sepanjang hal-hal tersebut dapat dilakukan.

 

Keyword : KREDIT, KOPERASI, PENGENDALIAN INTERN

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/189/jiptummpp-gdl-s1-2007-agussupria-9443-01.+PEND-N.pdf


Keywords


KREDIT; KOPERASI; PENGENDALIAN INTERN