PENGARUH FAKTOR-FAKTOR VARIABEL FUNDAMENTAL TERHADAP RETURN SAHAM (Studi Pada Perusahaan yang Termasuk Kategori Jakarta Islamic Indeks di Bursa Efek Jakarta)

Erwin Nur Khomsyah

Abstract


Penelitian ini merupakan studi deskriptif yang berjudul ?Pengaruh Faktor-Faktor Variabel Fundamental Terhadap Return Saham (Studi pada Perusahaan yang Termasuk Dalam Kategori Jakarta Islamic Indeks di Bursa Efek Jakarta)?.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah QR, NPM, ROA, ROE, PER, suku bunga, inflasi dan kurs rupiah secara simultan dan parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap return saham perusahaan yang termasuk dalam kategori Jakarta Islamic Indeks di Bursa Efek Jakarta, serta untuk mengetahui diantara variabel tersebut, variabel independen mana yang signifikan pengaruhnya terhadap return saham
Hipotesis penelitian ini adalah H1: QR, NPM, ROE, ROA, PER, suku bunga, inflasi dan kurs rupiah secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap return saham perusahaan yang termasuk dalam kategori Jakarta Islamic Indeks di Bursa Efek Jakarta, dan H2: QR, NPM, ROE, ROA, PER, suku bunga, inflasi dan kurs rupiah secara parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap return saham perusahaan yang termasuk dalam kategori Jakarta Islamic Indeks di Bursa Efek Jakarta. Sedangkan sampel yang dipilih sesuai dengan tujuan adalah perusahaan yang masuk dalam Jakarta Islamic Index (JII) dari periode tahun 2002 sampai dengan tahun 2005, yaitu diperoleh 11 perusahaan yang terpilih berdasarkan criteria dari tujuan penelitian.
Alat analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis pertama adalah dengan menggunakan pengujian analisis regresi linier berganda, yaitu uji F dan t dengan menggunakan program SPSS versi 10 model enter dengan tingkat signifikan 5%, dan tingkat kepercayaan 95%.
Dari hasil pengujian hipotesis dapat diketahui: pada H1 dengan menggunakan pengujian analisis regresi linier berganda, yaitu uji F diperoleh hasil bahwa Dari hasil perhitungan SPSS metode Enter diperoleh bahwa F hitung sebesar 1,268 serta signifikan pada tingkat 0,263, dengan demikian maka Ho diterima dan H1 ditolak yang berarti secara simutan (bersama-sama) variabel QR, ROA,ROE, EPS, PER, SBI, inflasi dan kurs rupiah tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap return saham JII. H2 Dengan melihat perhitungan Uji F secara simultan variabel QR, ROA,ROE, EPS, PER, SBI, inflasi dan kurs rupiah tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap return saham JII. Sehingga secara parsial, secara tidak langsung juga tidak mempunyai pengaruh terhadap return saham JII. Dengan demikian maka Ho ditolak dan H1 diterima. Hasil pengujian hipotesis dapat disimpulkan untuk hipotesis pertama dan kedua adalah tidak menunjukkan hasil yang diharapkan, karena besarnya koefisien determinasi (R?) yang disesuaikan yaitu 0,012, yang berarti kecil sekali hanya 1,2% proporsi pengaruh variabel-variabel fundamental terhadap perubahan return saham.

 

Keyword : Fundamental

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/191/jiptummpp-gdl-s1-2007-erwinnurkh-9508-pendahul-n.pdf


Keywords


Fundamental