ANALISIS RASIO PROFITABILITAS DAN AKTIVITAS UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN MANUFAKTUR (Studi pada Perusahaan Manufaktur Sektor Farmasi yang Listing di BEJ)

Marisa Tri Astuti

Abstract


Penelitian ini merupakan studi diskriptif pada perusahaan manufaktur yang listing di BEJ dengan judul ?ANALISIS RASIO PROFITABILITAS DAN AKTIVITAS UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN MANUFAKTUR (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Farmasi Yang Listing di BEJ).?
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja keuangan perusahaan farmasi bila ditinjau dari aspek rasio profitabilitas dan aktivitas.
Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah rasio keuangan yaitu rasio profitabilitas dan aktivitas secara time series dan cross section.
Hasil perhitungan dengan alat analisis rasio secara time series adalah fluktuasi. Dari rasio rasio tersebut ada yang mengalami peningkatan dan penurunan. Rasio yang mengalami peningkatan yaitu PT Darya Varia Laboratorium Tbk, PT Kalbe Farma Tbk, PT Indo Farma Tbk, PT Pyridam Farma Tbk,. Sedangkan rasio yang mengalami penurunan yaitu pada PT. Schering Plough Indonesia Tbk.
Hasil perhitungan dengan alat analisis rasio secara cros section adalah pada rasio profitabilitas , untuk rasio ROI, ROE, dan NPM yang tertinggi yaitu PT Merck Indonesia Tbk. Sedangkan pada rasio aktivitas, rasio yang tertinggi untuk rasio perputaran piutang adalah PT Tempo Scan Pasific Tbk, untuk rasio perputaran persediaan yaitu PT Kimia Farma Tbk, untuk rasio perputaran aktiva tetap yaitu PT. Merck Indonesia Tbk, dan untuk rasio perputaran total aktiva yaitu PT. Schering Plough Indonesia Tbk.
Dari hasil analisis di atas, dapat disimpulkan bahwa perusahaan farmasi yang memiliki kinerja keuangan yang dikategorikan baik adalah PT. Merck Indonesia Tbk, PT. Darya Varia Laboratorium Tbk, PT. Kalbe Farma Tbk, PT. Indo Farma Tbk, dan PT. Pyrdam Farma Tbk. Kinerja keuangan dikatakan baik karena rasio perusahaan mengalami peningkatan yang berarti perusahaan efektif dan efisien dalam menghasilkan laba dan dalam mengelola sumber daya yang dimilikinya.

 


Keyword : Analisis Laporan Keuangan, Rasio Keuangan, Time Series dan Cross Section

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/191/jiptummpp-gdl-s1-2007-marisatria-9509-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


Analisis Laporan Keuangan; Rasio Keuangan; Time Series; Cross Section