ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP EARNINGS MANAGEMENT PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEJ

Siti Listifah

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian explanatory dengan judul ?Analisis Faktor-faktor yang Berpengaruh Terhadap Earnings Management Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEJ.? Tujuan dari penelitian ini adalah menganilisis pengaruh faktor rasio leverage, rasio profitabilitas (ROA), reputasi auditor, dan besaran perusahaan terhadap earnings management pada perusahaan food and baverage, dan mengetahui pengaruh dominant di antara faktor rasio leverage, rasio profitabilitas (ROA), reputasi auditor, dan besaran perusahaan terhadap earnings management pada perusahaan food and baverage.
Populasi dari penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta. Jumlah perusahaan manufaktur berdasarkan Indonesian Capital Market Directory tahun 2003 adalah 158 perusahaan. Pemilihan populasi diambil dari perusahaan go public yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan makanan dan minuman yang memiliki kriteria tertentu. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan uji hipotesis yang digunakan adalah uji F dan uji t.
Berdasarkan hasil analisis data, secara simultan atau bersama-sama variabel rasio leverage, rasio profitabilitas (ROA), reputasi auditor, dan besaran perusahaan berpengaruh secara signifikan terhadap (earnings management) discretionary accruals yang dapat ditunjukkan dengan nilai Fhitung > Ftabel (2.506 >2 .49), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sedangkan berdasarkan hasil uji t menunjukkan bahwa dari keempat variabel yang diuji hanya dua variabel saja yang mempunyai pengaruh signifikan terhadap earnings management yaitu rasio leverage dan rasio profitabilitas (ROA). Namun dari kedua variabel tersebut yang mempunyai tingkat koefesien regresi terbesar adalah rasio leverage yang dapat ditunjukkan dengan nilai sebesar -0,161. Hasil penelitian ini juga menyimpulkan bahwa hanya rasio leverage yang memiliki pengaruh dominan terhadap earnings management. Sehingga pada penelitian menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan diterima.

 

Keyword : earnings management, rasio leverage, perusahaan manufaktur

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/195/jiptummpp-gdl-s1-2007-sitilistif-9741-1.+PENDA-N.pdf


Keywords


earnings management; rasio leverage; perusahaan manufaktur