ANALISIS PROSEDUR PEMUNGUTAN PAJAK DAERAH PADA DINAS PENDAPATAN KOTA MALANG

Irinne Maya Sabrina

Abstract


Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif pada Dinas Pendapatan Kota Malang yang berjudul : ?Analisis Prosedur Pemungutan Pajak Daerah Pada Dinas Pendapatan Kota Malang.
Perumusan masalah yang digunakan adalah: 1).Bagaimana prosedur pemungutan pajak daerah yang diterapkan Dipenda Kota Malang 2).Rekomendasi apa yang dapat diberikan untuk perbaikan prosedur pemungutan pajak daerah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengevaluasi penerapan prosedur terhadap aktivitas pemungutan pajak daerah pada Dipenda Kota Malang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, dan kuesioner.
Tahap-tahap analisis yang dilakukan penulis dalam penelitian ini berdasarkan kuesioner yaitu analisis terhadap sebab-sebab permasalahan, dampak dan solusi terhadap permasalahan yang ada pada Dipenda Kota Malang, dimana diantaranya: 1). Analisis bidang pendataan, pendaftaran, penetapan:(a).Analisis penggunaan sistem informasi berbasis computer(b).Analisis penyampaian formulir pendataan dan pendaftaran(c).Analisis terhadap kartu data(d).Analisis kegiatan monitoring. 2).Analisis Fungsi Kasir:(a).Analisis penggunaan sistem online(b).Analisis kegiatan monitoring. 3).Analisis Bagian Penagihan:(a).Analisis ketidaksesuaian prosedur dan pedoman(b).Analisis kegiatan monitoring(c).Analisis penggiliran petugas penagihan.
Hasil penelitian pada Dipenda Kota Malang yaitu : 1).Pada bidang pendataan, pendaftaran dan penetapan: umumnya masih menggunakan sistem manual, penyampaian formulir dengan sistem self assessment belum bisa diterapkan seluruhnya, penggunaan kartu data masih bergantian, kegiatan monitoring masih berjenjang. 2).Pada fungsi kasir: penggunaan sistem online belum dapat diterapkan, kegiatan monitoring masih dengan pemberitahuan terlebih dahulu. 3).Pada Bagian Penagihan: terdapat ketidaksesuaian prosedur dan pedoman, monitoring masih berjenjang, penagihan oleh petugas penagih tidak dilakukan secara bergiliran.
Kesimpulan dari penelitian ini bahwa prosedur pemungutan pajak daerah pada Dinas Pendapatan Kota Malang sudah berjalan cukup efektif

 

Keyword : Perpajakan

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/195/jiptummpp-gdl-s1-2007-irinnemaya-9742-1.+Penda-n.pdf


Keywords


Perpajakan