EVALUASI PERLAKUAN AKUNTANSI PRINSIP BAGI HASIL PADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA (Persero) Tbk. KANTOR CABANG SYARIAH MALANG

Vietta Chandrasari Putri

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Syariah Malang dengan judul ?Evaluasi Perlakuan Akuntansi Prinsip Bagi Hasil pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Syariah Malang?.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui kesesuaian perlakuan akuntansi transaksi bagi hasil pada produk pembiayaan mudharabah dan musyarakah di PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Syariah Malang dengan ketentuan menurut PSAK No.59 tentang Akuntansi Perbankan Syariah.
Dalam penelitian ini, penulis memfokuskan perlakuan akuntansi prinsip bagi hasil pada produk pembiayaan mudharabah dan musyarakah yaitu meliputi identifikasi, pengukuran, pengakuan, pencatatan, pengungkapan dan penyajian.
Dari hasil analisis diketahui bahwa perbandingan antara perlakuan akuntansi pada produk pembiayaan mudharabah dan musyarakah yaitu meliputi identifikasi, pengukuran, pencatatan, pengungkapan dan penyajian yang diterapkan oleh PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Syariah Malang dengan PSAK No.59 tentang Akuntansi Perbankan Syariah sudah sesuai.
Berdasarkan kesimpulan diatas, penulis dapat mengimplikasikan bahwa PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Syariah Malang menerapkan perlakuan akuntansi pada produk pembiayaan mudharabah dan musyarakah sesuai dengan PSAK No.59 tentang Akuntansi Perbankan Syariah.

 

Keyword : Syariah, Bank, Akuntansi

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/196/jiptummpp-gdl-s1-2007-viettachan-9758-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


Syariah; Bank; Akuntansi