ANALISIS SAHAM-SAHAM YANG TERMASUK DALAM INDEKS JII DALAM RANGKA PEMBENTUKAN DAN PEMILIHAN PORTOFOLIO SAHAM OPTIMAL

Ristanto Ristanto

Abstract


Penelitian ini merupakan studi diskriptif pada saham-saham JII yang listing di Bursa Efek Jakarta dengan judul ?Analisis Saham-Saham Yang Termasuk Dalam Indeks JII Dalam Rangka Pembentukan Dan Pemilihan Portofolio Saham Optimal?. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis saham-saham JII yang listing di BEJ dalam rangka pembentukan dan pemilihan portofolio saham yang optimal. Pembentukan portofolio optimal dilakukan dengan model indeks tunggal.
Diperoleh hasil perhitungan return rata-rata saham JII periode Januari-September 2006 sebesar 3,772% sedangkan tingkat risiko rata-rata sebesar 9,445%. Return PTBA merupakan yang tertinggi dengan tingkat pengembalian sebesar 8,063% dan return terendah yaitu ISAT sebesar ?0,621%. Sedangkan untuk risiko, saham yang memiliki risiko terendah selama periode Januari-September 2006 yaitu UNVR dengan risiko sebesar 4,547% dan risiko tertinggi dimiliki oleh PTBA sebesar 14,396%. Dari 13 saham JII yang masuk dalam sampel, hanya terdapat dua saham yang memiliki return lebih tinggi dari risikonya. Saham tersebut meliputi; INCO dan UNTR. INCO memberikan tingkat pengembalian 7,142% dengan risiko 6,556%. Sedangkan UNTR memberikan tingkat pengembalian 6,403% dengan risiko 6,361%. Dari hasil analisis terdapat 8 saham yang membentuk saham yang optimal (termasuk pembagian proporsi dananya), yaitu United Tractors Tbk (33,44%), Tambang Bukit Asam Tbk (15,79%), International Nickel Indonesia Tbk (26,22%), Telekomunikasi Indonesia Tbk (17,67%) Aneka Tambang Tbk (2,62%), Indocement Tunggal Perkasa Tbk (2,23%), Indofood Sukses Makmur Tbk (1,19%), dan Kalbe Farma Tbk (0,85%).
Berdasarkan kesimpulan diatas, peneliti dapat memberikan saran agar investor hendaknya memilih saham-saham yang masuk dalam portofolio optimal karena saham-saham tersebut akan memberikan tingkat keuntungan yang besar dengan tingkat risiko yang rendah. Sedangkan untuk peneliti selanjutnya agar data penelitian yang diambil lebih akurat dalam periode jangka panjang serta menggunakan lebih dari satu model analisis agar dapat dicapai tingkat keakuratan lebih tinggi.

 

Keyword : JII, Portofolio, Indeks Tunggal

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/196/jiptummpp-gdl-s1-2007-ristanto02-9762-Pendahul-o.pdf


Keywords


JII; Portofolio; Indeks Tunggal