ANALISIS EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI PADA PUSAT PERTANGGUNGJAWABAN BIAYA (Studi Kasus Pada PLTD di PT. PLN (Persero) Cabang Ende)

Ibnu Azis Mochsen

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus pada BUMN ?Analisis Efektivitas Dan Efisiensi Pusat Pertanggungjawaban Biaya studi kasus pada PLTD di PT. PLN (Persero) Cabang Ende.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas dan efisiensi pusat pertanggungjawaban biaya pada LTD di PT. PLN (Persero) Cabang Ende.
Analisa data yang ada pada penelitian ini adalah pengukuran efektivitas dan efisiensi dan pengukuran kinerja.
Dari hasil penelitian yang dilakukan, dapat disismpulkan pusat biaya atau PLTD bekerja kurang efektif karena realisasi penjualan tidak mencapai target penjualan yang diharapkan perusahaan, walaupun produksi yang dihasilkan pada tahun 2003 melebihi target penjualan. Pusat beban atau pusat biaya dapat menekan kerugian disetiap tahunnya dimulai dari tahun 2003 senilai 2,26 menurun hingga 2,19 ditahun 2004 dan pada tahun 2005 menurun hingga 1,85. hal ini disebabkan penggunaan input yang sedikit dan menghasilkan output yang besar di setiap tahunnya. Akan tetapi ada berbagai biaya yang mengalami kenaikan yang cukup tinggi di tahuin 2005 diantaranya biaya sewa diesel, bahan bakar dan minytak pelumas, HSD dan biaya jasa borongan yang mempengaruhi efektivitas.
Dari hasil analisi diatas dapat diketahui bahwa kinerja manajer pusat biaya adalah kurang efektif tetapi efisien dalam produksi namun penggunaan beberapa biaya tidak efisien.
Berdasrkan kesimpulan diatas penulis dapat menyarankan pada PLTD di PT. PLN (Persero) Cabang Ende dapat melakukan efektivitas dan efisiensi pada bebrapa variable biaya operasional produksi diantarnya biaya sewa diesel, nahan bakar dan minyak pelumas, HSD dan biaya jasa borongan dengan menyesuaikan pada kebutuhan dan kapasitas penggunaan dan pengelolaan keuangan secara optimal.

 

Keyword : EFEKTIFITAS, EFISIENSI, BIAYA

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/196/jiptummpp-gdl-s1-2007-ibnuazismo-9767-pendahul-n.pdf


Keywords


EFEKTIFITAS; EFISIENSI; BIAYA