PENGUKURAN KINERJA KEUANGAN DAERAH DENGAN MENGGUNAKAN EFISIENSI DAN EFEKTIFITAS (STUDI KASUS PADA PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN)

Ika Mardyana

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana kinerja pemerintah Kabupaten Lamongan yang di ukur dengan efisiensi dan efektifitas. Perumusan masalah yang dikemukakan pleh penulis adalah ? Bagaimana kinerja keuangan daerah pemerintah kabupaten Lamongan yang diukur dengan efisiensi dan efektifitas?.
Alat analisis yang digunakan untuk mengukur kinerja pemerintah kabupaten Lamongan dengan menggunakan efisiensi dan efektifitas serta raasio pendukung lainnya yaitu rasio kemandirian keuangan daerah, rasio aktivitas/keselarasan, Debt Service coverage Rasio, dan rasio pertumbuhan.
Hasil analisis sesuai dengan alat analisis yang digunakan untuk menilai tingkat efektivitas dan efisiensi kinerja pemerintah kabupaten Lamongan secara keseluruhan sangat efektif dan efisien, dengan tingkat efektivitas diatas 100%. Berdasarkan rasio pendukung lainnya untuk mengukur kinerja pemerintah kabupaten Lamongan yaitu untuk rasio kemandirian keuangan daerah dan Debt Service Coverage cukup baik dengan adanya peningkatan setiap tahunnya, sedangkan untuk rasio aktivitas dan pertumbuhan kurang optimal.
Berdasarkan kesimpulan diatas, maka penulis menyarankan bahwa sebaiknya pemerintah kabupaten Lamongan mempertahankan dan meningkatkan tingkat efektivitas dan efisiensi dalam memperoleh PAD, dengan pengelolaan potensi daerah lebih optimal.

 

Keyword : Kinerja, Efisiensi, Efektivitas

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/197/jiptummpp-gdl-s1-2007-ikamardyan-9817-1.+PENDA-N.pdf


Keywords


Kinerja; Efisiensi; Efektivitas