ANALISIS BALANCED SCORECARD UNTUK MENGUKUR KINERJA PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH JOMBANG

Puji Rahayu

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif dengan judul ?Analisis Balanced Scorecard Untuk Mengukur Kinerja Pada Rumah Sakit Umum Daerah Jombang?. Tujuan penelitian adalah untuk mengukur dan menganalisis kinerja pada Rumah Sakit Umum Daerah Jombang dengan menggunakan analisis Balanced Scorecard.
Penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi dan survey untuk mengumpulkan data-data yang diperlukan. Teknik analisis yang digunakan adalah pertama, dengan menggunakan alat ukur analisis Balanced Scorecard dengan empat perspektif, yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Kedua, analisis data dengan menggunakan kuesioner sebagai penilaian karyawan, dan ketiga yaitu membandingkan data kuantitatif dengan hasil penilaian karyawan.
Hasil penelitian ini menghasilkan kinerja Rumah Sakit Umum Daerah Jombang secara keseluruhan baik. Hal ini ditunjukkan pada masing-masing perspektif. Pada perspektif keuangan yang diukur dengan Growth Rate menunjukkan dari tahun ketahun mengalami peningkatan. Perspektif pelanggan pada indikator Customer Acquisition rawat jalan dan rawat inap dari tahun ketahun mengalami kenaikan sedangkan pada indikator Customer Retention mengalami penurunan. Pada perspektif proses bisnis internal pada indikator BOR, TOI, BTO dan ALOS secara keseluruhan dinilai sangat baik karena telah memenuhi standart penilaian rumah sakit. Pada perspektif pembelajaran dan pertumbuhan pada indikator Employee Retention mengalami penurunan di tiap tahunnya, pada indikator Employee Training mengalami peningkatan dan pada indikator Abssenteisme mengalami penurunan.
Berdasarkan kesimpulan diatas, penulis merekomendasikan kepada Rumah Sakit Umum Daerah Jombang untuk menggunakan metode Balanced Scorecard untuk mengukur kinerjanya.

 

Keyword : Kinerja, Balanced Scorecard, Perspektif

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/197/jiptummpp-gdl-s1-2007-pujirahayu-9820-1.+PENDA-N.pdf


Keywords


Kinerja; Balanced Scorecard; Perspektif