ANALISIS BALANCED SCORECARD DALAM PENILAIAN KINERJA PT. PESONA REMAJA MALANG

Rica Nola Wulandari

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif dengan judul ?Analisis Model Balanced Scorecard Dalam Penilaian Kinerja PT Pesona Remaja Malang?. Penelitian ini dilatarbelakangi karena terdapat keterbatasan dalam pengukuran kinerja secara tradisional yang hanya berfokus pada kinerja keuangan sehingga memunculkan suatu pendekatan baru yaitu Balanced Scorecard. Pengukuran ini memandang kinerja perusahaan dari 4 perspektif, yaitu perspektif keuangan, pelanggan, proses bisnis internal serta pembelajaran dan pertumbuhan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kinerja PT Pesona Remaja Malang sehat bila diukur dengan metode Balanced Scorecard (BSC). Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi dan interview. Sedangkan tekhnik analisis data yang digunakan adalah analisis horizontal (Time Series) yaitu analisis yang membandingkan rasio keuangan, pelanggan, bisnis internal, serta pembelajaran dan pertumbuhan dari satu periode terhadap periode yang lain.
Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat diketahui bahwa kinerja PT. Pesona Remaja Malang secara keseluruhan dinyatakan baik. Hal ini dapat ditunjukkan pada masing-masing perspektif. Pada perspektif keuangan yang diukur dengan NPM dan ROI yang mengalami peningkatan, walaupun Sales Growth-nya mengalami penurunan tahun 2005 tetapi hal tersebut dikarenakan kenaikan penjualan yang terjadi tahun 2004 tidak sebesar kenaikan penjualan yang terjadi tahun 2005. Perspektif pelanggan walaupun pada indikator Customer Acquisition mengalami penurunan namun Customer Retention, On Time Delivery, dan Number of Complain mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Pada perspektif proses bisnis internal indikator MCE dan Yield Rate mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Dan pada perspektif pembelajaran dan pertumbuhan walaupun indikator Employee Turn Over mengalami sedikit penurunan tahun 2005, namun indikator lain yaitu Employee Productivity mengalami peningkatan dan Absenteeism mengalami penurunan.
Berdasarkan kesimpulan diatas, penulis merekomendasikan kepada PT. Pesona Remaja Malang untuk menggunakan metode Balanced Scorecard untuk mengukur kinerjanya.

 

Keyword : Kinerja, Balanced Scorecard, Perspektif

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/197/jiptummpp-gdl-s1-2007-ricanolawu-9826-1.+PENDA-N.pdf


Keywords


Kinerja; Balanced Scorecard; Perspektif